RADAR JOGJA – Hari ini (20/7), umat muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha. Hari raya yang identik dengan penyembelihan hewan kurban itu juga disambut suka cita oleh pesepak bola nasional. Tak terkecuali para penggawa PSS Sleman.

ANA R. DEWI, Sleman, Radar Jogja

WINGER muda PSS Irkham Zahrul Mila misalnya. Mila, sapaannya, tidak ingin ketinggalan merayakan momen yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah itu. Tahun ini ia menyiapkan satu ekor sapi sekaligus menjadi tahun kedua Mila berkurban.

“Tahun kemarin sudah berkurban kambing dan alhamdulillah tahun ini bisa berkurban sapi,” ujar Mila saat dihubungi Radar Jogja Senin (19/7).

Gelandang kelahiran 2 Mei 1998 itu mengatakan, sapi jenis limousin tersebut ia beli langsung dari rekannya di Magelang, Jawa Tengah. Sapi dengan bobot 600-an kilogram itu akan disembelih di musala dekat rumahnya, Desa Harjosari Lor, Tegal. Nantinya, daging sapi yang telah dipotong lantas dibagikan kepada tetangga sekitar rumah.

Mila mengaku bersyukur karena tahun ini masih diberi kemampuan dan rezeki untuk melaksanakan ibadah kurban. Terlebih, tahun ini Idul Adha dirayakan di tengah pandemi Covid-19. “Semoga di Idul Adha ini kurban saya bisa berkah buat orang-orang sekitar,” harap pemain 23 tahun itu.

Mantan pemain Persis Solo ini juga memaknai Idul Adha untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu, suasana Idul Adha jadi momen yang selalu dirindukan Mila setiap tahunnya. “Biasanya keluarga besar nyate bareng gitu sih untuk dinikmati bersama,” bebernya.

Sementara itu, penjaga gawang muda PSS Dimas Fani Firmansyah merayakan Idul Adha di kampung halamannya, Pati, Jawa Tengah. Kiper yang akrab disapa Fani itu menceritakan, ada banyak kegiatan yang dilakukan saat datangnya Hari Raya Haji. Mulai dari takbiran sampai pagi, ngumpul bersama keluarga, hingga nyate bareng.

Lantas, apa makna Idul Adha bagi Fani? “Pengorbanan memberikan harta benda yang kita cintai kepada orang lain karena bermaksud untuk ibadah,” papar kiper 175 cm itu.

Karena itu, pemain kelahiran Pati, 18 Mei 2000 itu berharap di tahun mendatang dirinya bisa ikut berkurban. Diberi rezeki lancar dan bisa membantu sesama. Harapan lainnya, pandemi Covid-19 segera mereda. “Pengin banget berkurban kalau punya rezeki lebih. Semoga tahun depan,” harap Fani. (laz)

Jogja Sport