RADAR JOGJA – Persiba Bantul menjadi salah kontestan Liga 3 DIJ yang begitu antusias menghadapi kompetisi Liga 3 2021. Itu tak lepas dari rangkaian persiapan yang dilakukan klub berjuluk Laskar Sultan Agung itu. Selain menggelar latihan dan menyeleksi pemain muda, mereka juga berencana mendaratkan pemain senior.

Nah, salah satu nama yang santer dikabarkan merapat yakni, mantan penyerang PSIM Jogja Talaohu Abdul Musafri. Saat dikonfirmasi pemain 39 tahun itu tak menampik. Bahkan, Musafri mengatakan, beberapa waku lalu manajemen Persiba sempat menghubunginya. “Iya, kalau Persiba kemarin ada komunikasi sama manajemen. Mereka telepon saya,” ujarnya saat dihubungi Radar Jogja, Senin (21/6).

Hanya, sampai saat ini belum ada kelanjutan komunikasi antara kedua pihak. “Cuma sekarang juga belum ada kepastian dari manajemen dan belum telepon lagi,” katanya. Lantas, seandainya Persiba benar-benar serius, apakah akan menerima tawaran tersebut? “Ya prinsipnya saya kalau cocok apalagi dekat rumah kenapa tidak. Apalagi saya dengar dari yang mereka sampaikan soal target,” beber eks pemain Persija Jakarta itu.

Di sisi lain, mantan striker Timnas itu sebetulnya juga mendapat sejumlah tawaran dari tim Liga 2. Beberapa di antaranya berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Sumatera. Namun, hal tersebut masih menjadi pertimbangannya. “Saya sejak awal memang mau main di Jogja, karena dekat keluarga. Kalau ke Persiba ya Insyaallah, semoga kan malah bisa kembali ke tim pertama kali saya berkarier,” tandasnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Persiba Rumawan membenarkan jika pihaknya berencana merekrut pemain berpengalaman. Namun, untuk saat ini timnya masih fokus menyeleksi pemain lokal dan beberapa pemain luar DIJ. “Kalau pemain yang sudah jadi, kami baru bisa ambil setelah seleksi tahap 3,” jelasnya. “Pemain muda tentunya nanti akan dikombinasikan dengan pemain senior. Apalagi di Liga 3 untuk pemain senior boleh didaftarkan lima pemain,” tambah dia.

Saat ini Persiba terus mematangkan persiapan jelang kompetisi divisi ketiga tanah air. Menggelar latihan rutin dan merancang beberapa kali uji coba. Sebelumnya tim besutan Suwandi HS itu beruji coba melawan tim PON Jawa Barat di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, Kamis (17/6). Sayang, di laga itu Persiba harus mengakui keunggulan lawan, 2-4. Nah, selanjutnya mereka berencana menjajal kekuatan PSKC Cimahi di Stadion SSA pada 27 Juni nanti. Pertandingan tersebut digelar secara tertutup.

Sebelumnya, PSSI merilis regulasi pelaksanaan kompetisi Liga 3 2021. Di antaranya, setiap tim bisa mendaftarkan maksimal sebanyak 35 pemain. Usia pemain yakni kelahiran 1 Januari 1999 – 31 Desember 2003 dan lima pemain senior. Sementara pelatih dan asisten pelatih minimal berlisensi C AFC.

Jika sesuai rencana, kompetisi Liga 3 akan dihelat di masing-masing Asosiasi Provinsi (Asprov) mulai Agustus sampai Oktober. Sedangkan Liga 3 putaran regional berlangsung pada November dan putaran nasional pada Desember 2021. (ard/bah)

Jogja Sport