RADAR JOGJA – Berbagai persiapan dilakukan kontingen DIJ jelang menghadapi PON XX Papua 2021. Salah satunya dengan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada para pelatih pemusatan latihan daerah (Puslatda) di kantor KONI DIJ, kemarin siang (18/6).

Ketua Bidang (Kabid) Pembibitan dan Pembinaan Prestasi KONI DIJ Agung Nugroho menjelaskan, Bimtek ini merupakan kegiatan ketiga yang sudah digelar KONI DIJ. Agung berujar Bimtek pelatih sangat penting dalam upaya meningkatkan prestasi di PON Oktober nanti. “Bimtek khususkan pelatih karena untuk membantu mengatasi permasalahan atlet yang bosan atau jenuh latihan dan lain-lain. Ini bisa menjembatani di mental atlet kalau di fisik secara umum kan sudah latihan rutin,” katanya, kemarin di kantor setempat.

Agung berharap adanya Bimtek para pelatih dapat mengoptimalisasi permasalahan yang jadi kendala atlet Puslatda. Utamanya agar lebih bisa mengatasi kesabaran atletnya saat latihan berlangsung. “Artinya pelatih tidak hanya mengetahui secara fisik dan teknik saja tapi sebagaimana mental. Karena sekarang kalau sudah menghadapi pertandingan itu kan faktor mental sangat berpengaruh,” paparnya.

Dengan kegiatan Bimtek, lanjut Agung, masalah seminim mungkin para pelatih diharapkan dapat segera mengatasinya. “Entah itu dari aspek psikologi atlet, semoga bisa membangun dan mengendalikan diri untuk para atletnya,” bebernya.

Adapun kegiatan Bimtek kemarin tidak dihadiri oleh seluruh pelatih lantaran beberapa di antaranya sedang berada di luar kota. “Ada yang izin pelatnas, try out, dan kejurda. Tapi harapan kami semuanya dapat ikut,” tandasnya. “Nanti terakhir ada Bimtek untuk evaluasi, tes fisik, dan hasil try out beberapa cabor kami evaluasi,” tambah dia.

Saat ini, ada 19 cabor yang tergabung dalam puslatda PON XX DIJ 2020. Meliputi atletik, balap motor, billiar, bola voli pantai, menembak, panahan, pencak silat, renang artistik, sepatu roda, terbang layang, terjun payung, dan aeromodelling.

Kemudian binaraga, catur, gantolle, judo, kempo, panjat tebing, polo air, rugby, sepatu roda, taekwondo, tarung derajat, wushu, dan renang perairan terbuka. Secara keseluruhan DIJ akan memberangkatkan 195 kontingen. Dengan rincian 141 atlet dan 54 pelatih. (ard/pra)

Jogja Sport