RADAR JOGJA – Dalam rangka mengenalkan olahraga gateball lebih luas, PB Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) berharap DIJ segera memiliki fasilitas lapangan sendiri. Ketua Pelaksana Harian PB Pergatsi Khalawi Abdul Hamid mengatakan, adanya lapangan memberikan banyak manfaat untuk memajukan gateball di Kota Gudeg. Hal itu diungkapkan Khalawi dalam pelantikan kepengurusan Pergatsi DIJ periode 2021-2025 di Gedhong Pracimasana, kompleks Kepatihan belum lama ini.

Pria yang juga Dirjen PUPR RI itu menuturkan, lapangan penting dimiliki oleh cabor gateball. Dirinya pun mengajak pengembang dan asosiasi properti di DIJ bekerja sama dengan Pergatsi DIJ. Mengingat beberapa daerah seperti Jakarta dan Surabaya telah mewujudkan program tersebut. “Yang pasti saya ingin pengkab/pengkot Pergatsi DIJ supaya mensosialisasikan gateball ke masyarakat,” katanya.

Khalawi berujar, gateball tidak hanya dapat menyehatkan, namun juga memiliki peranan dalam menggerakkan pariwisata Indonesia, tak terkecuali DIJ. Karena sudah diketahui masyarakat luas, bahkan tidak jarang diminati turis Tiongkok maupun Hongkong.

“Jadi sangat bagus memang kalau kompetisi ini dapat diadakan di kompleks Candi Prambanan, seperti yang pernah diadakan Pergatsi DIJ sebelumnya,” ujar Khalawi.

Sementara itu, Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X mengucapkan selamat dan sukses kepada kepengurusan yang baru dilantik. HB X berharap ke depan olahraga gateball semakin dikenal masyarakat. Tak hanya dimainkan anak muda, tapi juga kalangan lanjut usia.

“Jogjakarta itu orang tua hampir 15 persen dari jumlah penduduknya. Harapannya gateball dapat melatih pikiran dengan bangun strategi untuk menang dan lain-lain, itu sesuatu hal bagi saya sangat penting,” ucapnya.

Di luar itu, untuk mendorong kepariwisataan DIJ, HB meminta kepada Pergatsi DIJ yang kini dipimpin Gatot Saptadi agar dapat menjalin kerja sama dan berkoordinasi dengan Jogja International Heritage Walk (JIHW). Tujuannya untuk memasukkan program gateball dalam event tersebut. Apalagi biasanya para peserta JIHW berasal dari berbagai negara seperti Jepang, Tiongkok, Thailand, Singapura, hingga Malaysia. (ard/laz)

Jogja Sport