RADAR JOGJA – Memasuki periode pra kompetisi PON XX Papua 2021, tim Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) DIJ terus mematangkan persiapan. Salah satunya dilakukan tim voli pantai DIJ.

Selain menggelar latihan di Jogja, tim voli pantai juga menjalani latihan bersama di luar daerah. Itu seperti yang dilakoni tim putra voli pantai dengan sejumlah tim di Sidoarjo, Jawa Timur belum lama ini. Dari latihan tersebut, anak-anak DIJ dinilai mengalami perkembangan cukup signifikan. Utamanya dari aspek teknik dan fisik. “Ya tapi berdasarkan laporan tim pelatih, persoalan mental atlet masih harus ditingkatkan lagi,” kata Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto, Jumat (4/6).

Karena sudah masuk periode pra kompetisi, Djoko Pekik berpesan agar atlet setidaknya menjalani latihan 18 jam per minggu, juga mengikuti try out. Namun, pihaknya menyadari karena pandemi Covid-19, memang tak banyak daerah yang menggelar pertandingan.

Dalam waktu dekat tim DIJ diagendakan melakukan try out, dengan melakoni kompetisi di Jawa dan menjalani tes lokasi PON. Harapannya dengan menjajal lokasi secara langsung, tim dapat mengetahui kondisi medan yang sebenarnya. “Saya harap atlet maupun pelatih supaya dapat menjaga kekompakan tim dan kesehatan masing-masing, serta selalu disiplin protokol kesehatan (prokes),” ujar Djoko Pekik.

Sementara itu, Sekretaris Umum Pengurus Daerah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) DIJ Eka Heru Prasetya berharap tim DIJ dapat kembali meraih medali emas di multievent empat tahunan tersebut. Tidak hanya mempertahankan gelar juara di nomor putra, namun juga meraih prestasi di nomor putri. “Semoga Tuhan mengabulkan keinginan kita bersama terutama dalam meraih prestasi terbaik di Papua,” ucap Eka.

Di gelaran PON mendatang, voli pantai menjadi salah satu cabor andalan DIJ. Mengingat sebelumnya mereka telah menyabet empat medali emas PON berturut-turut di nomor putra. Terakhir di PON XIX Jawa Barat 2016 lalu, melalui pasangan Ade Candra Rachmawan dan Gilang Ramadhan.

Tim voli Pantai DIJ diperkuat oleh delapan atlet, di antaranya Gilang Ramadhan, Ilham Akbar, Ilham Cahya Saputra, Imtaq Ansori Sihab, Maria Dwiningtyas, Fransisca Geofana Ayu Arintha, Yokebed Purari Eka Setyaningrum, dan Sari Hartati. Serta didampingi lima pelatih; Danang Agus Yuniarto, Djoko Sutrisno, Ade Candra Rachmawan, Dian Putra Santosa, dan Koko Prasetyo Darkuncoro. (ard/pra)

Jogja Sport