RADAR JOGJA – Pemain muda PSS Sleman Hokky Caraka Bintang Briliant akhirnya merasakan latihan bersama tim senior PSS di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Pemanggilan itu tak lepas dari penampilan apik Caraka, sapaannya selama bergabung dengan Garuda Select 3 di London, Inggris.

Ya, belum lama ini pemain 16 tahun itu kembali ke tanah air usai menimba ilmu di Benua Biru selama enam bulan. Garuda Select sendiri merupakan program dari federasi sepak bola Indonesia alias PSSI dalam memberdayakan bibit-bibit pesepak bola muda. Yang kemudian dikirim ke Eropa untuk berlatih disana selama beberapa bulan.

Dapat mengikuti latihan tim senior PSS tentu membuat Caraka bangga. Apalagi, dirinya memang bercita-cita menembus skuad utama tim berjuluk Super Elang Jawa itu. Secara mentalitas, dia percaya dan punya motivasi tinggi untuk bisa bergabung dengan skuad PSS.

“Fokus mengejar tim senior PSS. Bergabung latihan bareng tim senior tentu saja saya memaksimalkan latihan karena harus cari perhatian coach Dejan (Antonic),” katanya.

Manajer PSS Danilo Fernando mengatakan, Caraka punya kualitas yang baik. Sehingga pihaknya pun tak ragu untuk memberikan kesempatan pemain asal Gunungkidul itu. “Ya, meski masih muda kami berikan porsi untuk bergabung dengan tim senior, supaya dia bisa beradaptasi,” ujar Danilo.

Ke depan jika menunjukkan kualitas, lanjut Danilo, tak menutup kemungkinan Caraka dikontrak secara profesional oleh Super Elja. Menurut mantan pemain Persik Kediri itu, dalam latihan yang diikuti beberapa hari lalu, pemain kelahiran 21 Agustus 2004 itu mampu beradaptasi dengan baik dan memenuhi kualifikasi dari tim pelatih.

Selain Caraka, ada dua pemain muda lainnya yang bergabung latihan. Mereka adalah Rizza Fadillah yang berposisi stopper dan Safa’at Arif (kiper).

PSS memang berkomitmen memberikan perhatian lebih kepada pemain junior. Karena itu, para pemain muda bakal dapat kesempatan main di level senior. “Jadi mereka mulai mengisi dan sedang dipantau tim pelatih. Tapi kami tidak mau memberikan tekanan kepada mereka, biar bisa enjoy dan menikmati prosesnya. Hasilnya tergantung masing-masing pemain,” pungkasnya. (ard/bah)

Jogja Sport