RADAR JOGJA – Tim Puslatda menembak PON DIJ batal mengikuti dua kejuaraan pada bulan ini. Pandemi Covid-19 yang belum mereda jadi alasan utama kejuaraan menembak harus ditunda. Padahal lomba tersebut sekaligus menjadi ajang try out bagi atlet menembak DIJ Hans Christian Pratama Tioparta Manihuruk.

Meski ditunda, tim menembak sepakat untuk memadatkan jadwal latihan pada Juni-September 2021. Pelatih menembak DIJ Sofan Hadi mengatakan, sembari menunggu event yang akan datang timnya rutin berlatih di Lapangan Tembak Batalyon A Pelopor Mako Brimob DIJ Gondowulung Giwayangan Jogjakarta. “Sebetulnya kan ada event sehabis Lebaran, tapi ditunda ya sudah kami fokus di sini dulu,” katanya.

Dalam sepekan latihan digelar sebanyak dua kali pada pada Juni-Juli. Dan meningkat menjadi tiga kali seminggu pada Agustus-September. Hans yang diunggulkan dan berpeluang meraih medali emas di PON XX Papua, kini juga tengah melakoni program latihan mandiri menuju berat badan ideal. Harapannya saat PON dirinya dapat bersaing dengan rival terberat dari DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Ya, bisa mengikuti try out karena di event ini nantinya lebih kelihatan untuk kemampuannya. Sementara banyak latihan dan sekaligus menghabiskan alokasi peluru yang ada,” papar Hans.

Hans yang merupakan atlet level 1 ini sedianya akan mengikuti pertandingan bertaraf nasional dan internasional yakni Lomba Menembak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Cup 2021 pada 3-6 Juni di Cilandak, Jakarta Selatan. Namun kejuaraan diundur menjadi 28 Juli 2021. Serta Kejuaraan Menembak Menpora pada 18-20 di Senayan, Jakarta Pusat. Hanya, untuk event tersebut sampai saat ini belum ada kejelasan jadwal pengganti.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto mengapresiasi atlet yang ingin mendapatkan hasil terbaik lewat latihan mandiri. Pihaknya juga berupaya memfasilitasi kebutuhan atlet melalui Satgas Puslatda PON DIJ. Sehingga dapat mencapai berat badan ideal dan lebih gesit saat berada di lapangan tembak.

“Tentunya ini juga akan disesuaikan dengan program pelatihan yang kini telah memasuki periode pra kompetisi,” ucap Djoko Pekik. (ard/pra)

Jogja Sport