RADAR JOGJA – Kompetisi Liga Indonesia akan diputar bulan depan. Itu setelah PSSI mendapatkan lampu hijau dari kepolisian, Senin (31/5). Liga 1 2020-2021 dihelat mulai 10 Juli. Sedangkan kick off Liga 2 berlangsung dua pekan setelah Liga 1.

Liga 1 akan digelar dengan format series dan dipusatkan di Jawa. Nantinya ada enam seri yang akan dimainkan di enam kota berbeda. Sedangkan Liga 2 format home tournament. Dari 24 tim bakal dibagi menjadi empat grup.

Izin penyelenggaraan kompetisi, tentu membuat klub bernapas lega. Sebab, akhirnya mereka mendapatkan kepastian setelah menanti keputusan cukup lama. “Off course kami senang sekali. Akhirnya kita sudah mulai normal sedikit,” kata pelatih PSS Sleman Dejan Antonic saat dihubungi Radar Jogja, Selasa (1/6).

Pelatih asal Serbia itu berharap kompetisi dapat berjalan lancar. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum mereda. Menurut dia, semua harus hati-hati. Organisasi bukan cuma di lapangan tapi di luar lapangan harus sama istimewa. “Dan kita harus tetap disiplin seperti di Piala Menpora,” ujar eks pelatih Madura United itu.

Hal senada disampaikan pelatih PSIM Jogja Seto Nurdiyantara. Meski senang kompetisi akhirnya diputar, namun Seto ingin kepastian jadwal kompetisi segera dirilis. Sebab, sampai saat ini, belum ada jadwal yang dirilis operator kompetisi alias PT LIB. “Harapannya segera dirilis jadwalnya seperti apa, terutama untuk Liga 2 dengan pengalaman tahun lalu kalau mepet kan juga masalah buat tim dan pelatih. Tapi semoga secepatnya bisa keluar,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Di sisi lain, PSIM memang sangat antusias menyambut bergulirnya liga musim 2021. Sejauh ini, persiapan tim berjuluk Laskar Mataram itu juga cukup matang. Mereka merekrut sejumlah wajah baru dan sudah mengamankan sebanyak 26 pemain. “Kuota pemain sudah komplet kami menyesuaikan dari manajemen. Pemain yang ada di PSIM ya saya pikir yang terbaik untuk tahun ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya,” beber mantan pelatih PSS itu.

Secara keseluruhan, Seto menyebut skuadnya siap berkompetisi. Chemistry antar pemain juga dinilai berjalan dengan baik. Bahkan, pekan lalu Yoga Pratama cs usai menjalani pemusatan latihan selama seminggu di Kaliurang, Sleman. (ard/pra)

Jogja Sport