RADAR JOGJA – KONI DIJ berharap kepengurusan Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) DIJ periode 2021-2025 dapat memajukan pembinaan olahraga prestasi lebih baik. Salah satunya dengan meloloskan atlet ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto.

Djoko Pekik mengatakan, dalam pembentukan kepengurusan baru FOPI DIJ diimbau untuk melakukan koordinasi sebaik mungkin agar terjalin sinergisitas pembinaan. “Ya, minimal dalam satu tahun ke depan FOPI DIJ dapat menyusun program yang dicanangkan. Sekaligus membina cabor petanque dengan baik,” katanya, Selasa (1/6).

Untuk merealisasikan target tersebut, lanjut Djoko Pekik, ada empat hal yang harus dipersiapkan. Di antaranya, sumber daya manusia (SDM) berkualitas, dalam hal ini atlet yang berbakat dan potensial. Juga menyiapkan jumlah pelatih dan wasit daerah yang memiliki sertifikat maupun lisensi level nasional.

Kemudian, penerapan sport science dalam cabor petanque. Lalu, penyediaan sarana dan prasarana seperti lapangan petanque. Dan terakhir, aktif mengadakan kompetisi di daerah untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial.

Sebagai informasi, belum lama ini Pengda FOPI DIJ menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Ruang Sidang Utama GPLA FIK UNY. Dalam Musda, Ahmad Nasrulloh ditetapkan menjadi Ketua Umum FOPI DIJ untuk kepemimpinan empat tahun mendatang.

Musda yang digelar secara tatap muka terbatas dan virtual itu dihadiri perwakilan Pengurus Besar (PB) FOPI. Melalui kegiatan ini, terbentuk pula tim formatur yang terdiri dari Sri Wahyuni Komarudin, Widha Sriyanto, Agung Sudarto, dan Diah Novita Sari. Nah, selama dua pekan ini tim formatur bersama Ketua Umum FOPI diberikan waktu untuk membentuk kepengurusan baru. Terhitung sejak diadakannya Musda FOPI DIJ.

Ahmad Nasrulloh berharap semua pihak dapat bersama-sama bersinergi untuk membesarkan dan memajukan olahraga petanque. Selain itu, dirinya berjanji membawa petanque DIJ berprestasi di kancah yang lebih tinggi. “Kami akan berupaya menjalankan amanah dengan baik, meski saya masih banyak kekurangan, mohon bantuan dan kerja sama dari semuanya,” ujarnya. (ard/pra)

Jogja Sport