RADAR JOGJA – Endro Sulastomo resmi menjadi Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bantul. Mantan manajer Persiba Bantul itu secara aklamasi terpilih dalam Kongres Askab PSSI Bantul di Gedung Perpustakaan Bantul, kemarin (30/5).

Endro berpasangan dengan Agus Salim sebagai Wakil Ketua di kepengurusan periode 2021-2025. Komite Pemilihan Luki Iswayono mengatakan, Kongres dihadiri 54 pemegang suara dari total 70 voters. Luki juga menjelaskan, karena hanya ada satu calon ketum dan calon waketum, sehingga tidak dilakukan pemungutan suara. Jadi hanya dimintakan persetujuan dari seluruh pemilih suara yang hadir di kongres.

”Seluruh peserta secara aklamasi menyetujui penetapan Endro dan Agus menjadi ketum dan waketum,” katanya.

Selain penetapan ketum dan waketum, juga dipilih sejumlah anggota komite eksekutif (Exco). Untuk posisi ini, seluruh voters diberikan kesempatan untuk melakukan pemilihan. Sebab, jumlah calon yang lolos verifikasi ada enam, melebihi jumlah yang ditetapkan yaitu sebanyak tiga orang saja.

Hasilnya, dalam proses pemilihan tertutup tersebut Paidi yang mendapat dukungan 47 suara, Nur Subiyantoro 45 suara dan Susela Marwata 24 suara terpilih menjadi anggota Exco. Sedangkan tiga di antaranya yakni Iwan Rasia Herfanto 20 suara, Nopendi 19 suara dan Sardjaka dengan enam suara dinyatakan gagal.

Resmi terpilih menjadi Ketum Askab PSSI Bantul, Endro mengaku siap bekerja dan sesegera mungkin membentuk kepengurusan sesuai statuta. Termasuk membentuk sekretaris, bendahara dan komite-komite agar bisa segera bekerja dengan cepat. Selain itu, pihaknya juga berencana menggelar turnamen sepak bola sebagai pengganti kompetisi musim ini.

“Kalau kompetisi sepertinya waktunya sudah mepet untuk persiapan. Jadi kami siapkan turnamen dulu, mungkin Piala Bupati Bantul atau apa,” paparnya.

Pria yang juga sebagai anggota DPRD Bantul itu berujar pihaknya bakal menggelar kongres tahunan terlebih dulu untuk menyusun program kerja selama tahun 2021. “Di kongres kali ini kan tidak ada sidang-sidang komisi. Jadi ya kami akan menggelar kongres tahunan dulu,” pungkasnya. (ard/bah)

Jogja Sport