RADAR JOGJA – KAI Bima Perkasa Jogja (BPJ) dipastikan gagal melaju ke semifinal Indonesian Basketball League (IBL) 2021. Itu setelah di babak play off tim besutan David Singleton disingkirkan wakil Surabaya Louvre Dewa United.

Dalam tiga laga yang dilakoni, BPJ hanya meraih satu kemenangan. Di gim perdana mereka menang telak 79-63, Minggu (23/5). Kemudian tumbang dalam dua laga dengan skor 67-63, (24/5) dan 67-56, (25/5) di Mahaka Arena, Jakarta.

David Singleton sangat mengapresiasi kerja keras dan semangat juang anak asuhnya. Meski kandas di play off, pelatih asal Amerika itu mengaku bangga pada pencapaian pemain. Terlebih, sepanjang IBL musim ini, BPJ tampil compang camping lantaran rentetan cedera yang dialami para penggawanya. Sebut saja, Azzaryan Pradhitya, Galank Gunawan, Ali Mustofa, Febri Utomo, dan Indra Muhammad.

“Saya rasa tidak ada tim yang mampu menghadapi liga dengan badai cedera luar biasa seperti kami. Hampir seluruh pemain utama kami cedera. Di play off kami tampil tanpa Isman Thoyib,” kata David, kemarin (26/5).

Ya, pencapain BPJ musim ini patut diacungi jempol. Melewati babak reguler dengan sejumlah masalah, terutama cedera pemain, tim kebanggaan Kanca Bima itu justru mampu mengunci posisi tiga Divisi Merah. Yang kemudian lolos ke babak play off. Sehingga dengan hasil ini, David yakin BPJ akan lebih kuat di musim mendatang.

Meski gagal ke semifinal, para pemain legawa. Mereka juga berterimakasih sekaligus meminta maaf kepada suporter dan pecinta basket di DIJ. “Bangga dengan tim ini terimaksih sudah berjuang sampai detik akhir,” ucap pemain BPJ Nuke Tri Saputra.

Usai menuntaskan kompetisi, pekan ini David akan bertolak ke Kanada. Dia ditunjuk sebagai pelatih kepala Fraser Valley Bandits di Canadian Elite Basketball League (CEBL), menggantikan Kyle Julius yang tidak bisa melatih karena pembatasan penerbangan lintas negara.

Sebelum terbang ke Kanada, David rencananya akan bertemu presiden klub Edy Wibowo terlebih dulu. Pertemuan itu untuk membahas langkah tim selanjutnya. “Kami akan membahas sesuatu yang keren untuk Bima Perkasa ke depan dalam waktu dekat,” papar David. (ard/bah)

Jogja Sport