RADAR JOGJA – Menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022, tim nasional (timnas) bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (17/5). Pelatih timnas Shin Tae-yong membawa 28 pemain, hasil dari pemusatan latihan di Jakarta awal Mei lalu.

Dua dari 28 pemain yang diboyong merupakan penggawa PSS Sleman, yakni striker Saddam Emiruddin Gaffar dan kiper Adi Satryo. Sejatinya, keduanya sudah sering dipanggil oleh Shin Tae-yong. Bahkan tahun lalu mereka sempat menjalani rangkaian TC di Eropa.

Atas kepercayaan tersebut, Saddam bertekad tampil maksimal selama di Dubai. Dia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan pelatih asal Korea Selatan itu. “Saya senang dan bersyukur. Semoga bisa membayar kepercayaan yang diberikan tim pelatih. Dan tentu saja ingin membuat bangga Indonesia,” ujar Saddam.

Demi kelancaran selama bertanding, tak lupa penyerang kelahiran Jepara, Jawa Tengah itu juga meminta doa dan restu dari kedua orang tuanya. “Pastinya saya selalu minta doa restu orang tua. Ada sedihnya karena tidak bisa lebaran sama keluarga. Tapi tidak apa-apa, mereka mendukung sekali apa yang saya lakukan sekarang,” kata pemain 19 tahun itu.

Di sisi lain, Saddam punya bekal apik sebelum membela timnas. Di gelaran Piala Menpora 2021, dia tampil cukup baik dengan mengemas dua gol sepanjang turnamen. Dan menjadi salah satu pilar penting klub berjuluk Super Elang Jawa itu.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap para pemain fokus. Bekerja keras, berjuang, dan disiplin demi hasil yang maksimal. “Semua laga kualifikasi akan disiarkan televisi. Rakyat Indonesia akan menyaksikan dan mendoakan perjuangan pemain timnas Indonesia,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA 11 Juni. Selain kualifikasi, skuad Garuda juga akan melakukan dua laga uji coba internasional. Melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5). (ard/bah)

Jogja Sport