RADAR JOGJA – Umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Kamis (13/5). Momen Lebaran disambut antusias oleh para pesepakbola di Indonesia, tak terkecuali penggawa PSS Sleman.

ANA R. DEWI, Sleman, Radar Jogja

Bek PSS Derry Rachman Noor merayakan Lebaran di kampung halamannya, Bontang, Kalimantan Timur. Derry bersyukur lantaran Lebaran kali ini bisa berkumpul bersama keluarga besarnya.

“Biasanya kami ngumpul bareng keluarga dengan silaturahmi ke rumah-rumah keluarga dan tetangga di dekat rumah,” kata Derry kepada Radar Jogja.

Suasana Lebaran terasa sedikit berbeda karena pandemi. Apalagi, ada pembatasan di berbagai wilayah untuk menekan laju persebaran Covid-19.

Derry sangat memaklumi anjuran pemerintah untuk tidak berkerumunan. “Nggak terlalu ramai, tetap menjaga protokol kesehatan. Paling berkumpul sama keluarga besar doang. Kalau di kampung suasananya lebih enak, kekeluargaannya dapat dan pastinya ramai,” tambah bek kelahiran 15 Desember 1994 ini.

Saat Lebaran, menu makanan yang paling dinantikan Derry adalah buras dan opor ayam. Apalagi yang dimasak oleh sang ibu. “Itu makanan yang saya tunggu-tunggu pas Lebaran. Pokoknya beda saja rasanya kalau suasana Lebaran,” ucap pemain 26 tahun itu.

Sementara itu, menu favorit lebaran striker Dwi Rafi Angga adalah lontong Medan. Saat ini, Angga tengah merayakan Lebaran di Sumatera Utara. “Lontong Medan kan sangat terkenal. Tiap pulang juga itu yang saya rindukan. Dan, tentu suasana Lebarannya juga,” paparnya.

Pemain 24 tahun itu juga mengakui imbas Covid-19 membuat suasana Lebaran kali ini menjadi agak sepi. Tak semarak seperti tahun-tahun sebelumnya. “Mungkin bedanya tahun lalu ada lockdown, untuk tahun ini enggak. Ramai tapi nggak sebegitu kerumun-rumunan banget,” jelasnya.

Saat ini tim Super Elang Jawa -julukan PSS- sudah diliburkan sejak 25 April. Meski libur, PSS tak memberikan jatah libur khusus bagi penggawanya. Bagus Nirwanto cs tetap diimbau melakukan latihan seperti biasa untuk menjaga kebugaran.

Selain itu, tim pelatih juga mengimbau kepada anak-anak Sleman untuk menjaga pola hidup. Yang lebih sehat ditengah kondisi pagebluk Covid-19. (laz)

Jogja Sport