RADAR JOGJA – Kompetisi Liga Indonesia rencananya digelar Juli mendatang. Meski sebatas wacana, sejumlah klub mulai menggalang kekuatan. Salah satunya dilakukan klub Liga 3 asal DIJ Persiba Bantul.

Sejauh ini, Persiba menjadi tim yang cukup matang dalam mempersiapkan diri menghadapi musim 2021. Mereka kembali mendatangkan pelatih kepala Suwandi Hadi Siswoyo. Sedangkan Sudarmaji tetap menjabat sebagai asisten pelatih.

Bahkan, pada 26 April, setelah melakukan seleksi, tim berjuluk Laskar Sultan Agung itu menggelar latihan perdana di Stadion Dwi Windu, Bantul. Saat ini tim kebanggaan warga Bantul itu sudah mengikat 21 pemain. Skuad Persiba dihuni mayoritas pemain muda kelahiran 1999-2001 dan beberapa wajah lama seperti Agus S dan Ridho.

“Kami memang sudah latihan dari bulan lalu dan rencana latihan di lanjut setelah lebaran,” kata Manajer Operasional Persiba Rumawan Kepada Radar Jogja kemarin. (10/5).

Rumawan mengatakan sejak awal Persiba berencana mempersiapkan program pembinaan pemain jangka panjang. Dengan target menjaring dan memaksimalkan potensi talenta lokal yang ada di Bantul. “Nanti kami masih akan menambah pemain, tapi nunggu regulasi dari PSSI dulu,” paparnya.

Selain itu, persiapan awal tersebut sebagai langkah antisipasi jika kompetisi digulirkan. Sehingga, kata Rumawan, timnya bisa lebih siap dalam mengarungi kompetisi kasta ketiga sepak bola Indonesia itu. Karena target mereka belum berubah, yakni promosi ke Liga 2.

Dengan persiapan panjang, Rumawan yakin Persiba bisa meraih hasil maksimal di pentas Liga nanti. Apalagi, kehadiran Suwandi dinilai sesuai dengan yang dibutuhkan tim. Membentuk karakter mental dan bertarung, juga tim yang solid. “Kemarin dengan kondisi yang prihatin saja coach Suwandi bisa meramu tim yang bagus. Mungkin tahun ini bisa menebus kegagalan beliau yang tinggal selangkah saja,” bebernya.

Berbeda dengan Persiba, wakil Liga 3 DIJ lainnya Sleman United (SU) enggan terburu-buru menyiapkan tim. Sampai saat ini SU belum melakukan persiapan. “Menunggu info Liga 3 regional diputar. Belum tahu regulasinya, rapat Exco PSSI pusat juga belum memastikan perkiraan tanggal dan jadwal,” ujar Manajer SU Handoko Susanto. (ard/bah)

Jogja Sport