RADAR JOGJA – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ periode 2021-2025 resmi dilantik dan dikukuhkan. Pelantikan dilakukan secara luring dan daring di Kompleks Kepatihan, DIJ, Senin (3/5). Dihadiri langsung oleh Ketua KONI Pusat Marciano Norman dan disaksikan Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X.

Pengukuhan di Bangsal Kepatihan hanya diikuti oleh enam pengurus, yakni Ketua Umum, tiga Wakil Ketua Umum, Bendahara dan Sekretaris. Selebihnya mengikuti upacara pengukuhan secara virtual di Gedhong Pracimosono. Sebab, sesuai arahan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan protokoler Pemda DIJ, kegiatan di Bangsal Kepatihan masih dibatasi maksimal 30 peserta.

Dalam sambutannya Marciano Norman mengatakan, KONI DIJ sebagai induk pembina olahraga dapat terus meningkatkan kualitas pembinaan cabor untuk melahirkan atlet-atlet berbakat. Dia juga berharap, DIJ menjadi contoh penerapan sport science untuk Indonesia sekaligus sport tourism agar olahraga semakin digemari. “Komposisi kepengurusan KONI DIJ ini sangat menarik karena ada akademisi dan praktisi yang berkolaborasi menghasilkan sesuatu menarik,” katanya, Senin.

Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto menuturkan bahwa saat ini pihaknya sudah menggagas tiga jalur pembinaan prestasi. Di antaranya reguler, pembinaan sekolah, dan pembinaan khusus. “Kami juga akan berusaha keras menambah jumlah atlet dari DIJ yang memperkuat Indonesia di berbagai event dunia. Yang pasti kami akan gigih bekerja untuk Jogja Istimewa,” tekadnya.
Di luar itu, Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu berujar KONI DIJ akan berupaya maksimal mewujudkan prestasi di ajang PON. Terdekat di PON XX Papua, Oktober 2021. Juga PON 2024 di Sumut-Aceh.

Sementara itu, HB X berpesan agar KONI DIJ benar-benar serius mempersiapkan atlet yang akan berlaga di PON Papua. Sehingga target 12 medali emas yang dibidik bisa terealisasi. “Pelantikan ini harus menjadi titik lanjut pembinaan olahraga yang semakin baik. Semoga DIJ bisa meraih target medali emas di PON dan membawa prestasi olahraga lebih baik di masa pandemi ini, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar HB X. (ard/bah)

FOTO:

Jogja Sport