RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ periode 2021-2025 akan dikukuhkan pagi ini (3/5). Pengukuhan 37 pengurus itu bakal digelar di Bangsal Kepatihan.

Ketua Panitia Pengukuhan Pengurus KONI DIJ Pramana mengatakan, awalnya pengukuhan akan dilaksanakan di dua lokasi berbeda. Namun, setelah berkoordinasi dengan humas dan protokoler Pemprov DIJ, rencana pengukuhan mengalami sedikit perubahan. “Rencana awal dilaksanakan di Bangsal Kepatihan dan GOR Amongrogo, tapi besok (Hari ini, Red) akan fokus semua di Kepatihan,” ujarnya, Minggu (2/5).

Karena semua pengurus KONI DIJ akan berada di Kepatihan, maka acara di GOR Amongrogo, akhirnya diputuskan diundur waktu pelaksanaannya. “Jadi agak siang dan tempatnya di pindah ke Graha Wana Bhakti Yasa. Nanti di sana Ketum KONI DIJ akan melaporkan kepengurusan anyar ini ke anggota,” kata Pramana.

Selain itu, lanjut Pramana, pengukuhan di Bangsal Kepatihan hanya diwakili enam unsur pimpinan. Selebihnya akan mengikuti upacara pengukuhan secara virtual di Gedhong Pracimosono. Sebab, sesuai arahan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan protokoler Pemprov DIJ, kegiatan di Bangsal Kepatihan masih dibatasi maksimal 30 peserta.

Nantinya, 30 personel yang ada di Bangsal Kepatihan terdiri dari 10 orang dari Forklompimda termasuk Gubernur DIJ Hamengku Buwono X, dua personel KONI Pusat termasuk Ketum KONI Pusat Letjen Purn Marciano Norman, enam unsur pimpinan KONI DIJ yang terdiri dari Ketum, tiga orang Wakil Ketum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum.

Kemudian, lima bupati/walikota se-DIJ, lima perwakilan KONI kabupaten/kota se-DIJ, satu dewan pembina KONI DIJ dan satu anggota tim formatur. (ard/pra)

Jogja Sport