RADAR JOGJA- Kehadiran penonton di Liga 1 sepertinya akan menjadi kenyataan jika pertemuan empat pihak berjalan dengan lancar. Keempat pihak itu adalah Kemenpora, PSSI,PT Liga Indonesia (LIB),dan  Satgas Covid-19

PSSI memastikan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 berjalan sesuai protokol kesehatan. Hal tersebut diutarakan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, secara keseluruhan penyelenggaraan Piala Menpora 2021 hampir 100 persen sukses secara protokol kesehatan. Sampai menjelang laga final ini menurut dia, tidak ada unsur tim yang diketahui positif Covid-19 dan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan.

“Pemain, pelatih, manajemen dan unsur panpel seluruhnya tidak ada yang positif selama penyelenggaraan. Kami pantau dari seluruh venue juga menerapkan protokol kesehatan dengan luar biasa ketat. Ini menunjukkan komitmen yang selalu dijaga dengan baik,” ujarnya usai meninjau langsung kesiapan partai final leg pertama di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4).

Penyelenggaraan liga tahun 2021, Iriawan mengatakan sampai saat ini jadwal ditentukan bulan Juli mendatang. Namun terkait ada tidaknya penonton, pihaknya bersama LIB dan stakeholder terkait masih melakukan pengkajian lebih dalam.

Tim ahli nantinya selain melihat tren kasus positif di Indonesia juga akan mengkaji tiap stadion dengan mempertimbangkan lokasi dan kapasitas. Pasalnya, daya tampung stadion tim-tim di Indonesia berbeda satu sama lain.

“Kemungkinan penonton di liga nanti, sedang dalam pengkajian. Kita dalam rapat kemarin juga ada beberapa opsi pertama tanpa penonton, jalan dulu tanpa penonton dan di tengah ada penonton atau dengan penonton dari awal.

Ini kita akan kaji dulu dan pada saatnya akan kita sampaikan ke publik. Akan ada diskusi bersama akademisi dan elemen lainnya, terpenting untuk kami bermanfaat untuk sepakbola dan Indonesia,” ujarnya. (sky)

Jogja Sport