RADAR JOGJA – DIJ usai didapuk menjadi tuan rumah kejuaraan balap sepeda bertajuk Indonesian Cycling Federation (ICF) BMX International Championship 2021. Ini merupakan event resmi perdana yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Digelar selama tiga hari pada 9-11 April di Youth Center, Sleman.

Diikuti 43 pebalap sepeda dari berbagai daerah di Indonesia. ICF BMX International Championship 2021 mempertandingkan empat kelas,yakni men elite, men junior, women elite, dan women junior. Protokol kesehatan (prokes) ketat diterapkan dalam kejuaraan ini. Bahkan, jumlah peserta pun dibatasi, maksimal 50 atlet.

Panitia penyelenggara yang juga Commisaire UCI Pratomo Setyadi mengatakan, event kali ini memang dilaksanakan dengan memerhatikan prokes Covid-19. Sebagai upaya pencegahan penularan virus para pebalap dan ofisial dikarantina dengan sistem bubble selama penyelenggaraan. “Ya, seluruh yang terlibat di event baik pebalap, ofisial, panitia, wasit hingga media pun wajib swab antigen di lokasi,” kata Pratomo di sela kejuaraan kemarin (11/4).

Pratomo menjelaskan, perlombaan perdana ini dijadikan tolok ukur penyelenggara untuk menggelar event-event selanjutnya. Baik yang berskala nasional maupun internasional. “Prokes di kejuaraan ini berhasil kan bukan tidak mungkin di next event kuota peserta bisa ditambah lagi,” ucapnya.

Salah seorang pebalap Muhammad Fauzan mengaku senang dengan adanya kejuaraan ini. Apalagi, sudah setahun tak ada event yang digelar pasca Covid-19 merebak. “Satu tahun ini benar-benar tidak ada event. Jadi kami cuma latihan biasa saja. Tapi kami coba ambil positifnya dengan mempersiapkan diri lebih lama. Alhamdulillah kemarin dapat juara nasional,” ujar pebalap 17 tahun itu.

Di sisi lain, ajang ini memperebutkan poin UCI atau Union Cycliste Internationale yang merupakan badan organisasi atau asosiasi sepeda dunia. Event perdana balap sepeda di DIJ ini terbilang cukup menarik lantaran dihelat di tiga penyelenggaraan berbeda dalam satu waktu. Yaitu, ICF BMX National Championship untuk mencari juara nasional 2021 (9/4), ICF BMX International Championship Round 1 (10/4), dan ICF BMX International Championship Round 2 (11/4). (ard/laz)

Jogja Sport