RADAR JOGJA – PSS Sleman memastikan lolos ke babak 8 besar Piala Menpora 2021. Pada laga lanjutan Grup C, PSS mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, tadi malam (7/4). Gol semata wayang PSS dicetak Irfan Bachdim melalui titik putih pada menit ke-47.

Hasil ini mengantarkan Super Elang Jawa -julukan PSS- sebagai juara Grup C. Mengemas tujuh poin hasil dari dua kemenangan, satu seri dan satu kalah. Sedangkan Persebaya lolos dengan status runner up grup dengan mengoleksi tujuh poin.
Pelatih PSS Dejan Antonic berterimaksih kepada seluruh pemain karena sudah berjuang di lapangan. Menurutnya, hasil positif ini adalah hasil kerja keras tim yang tampil fight di laga kemarin. “Terima kasih kepada seluruh pemain. Kami dapat hasil bagus dan kami bisa menang,” kata Dejan tadi malam (7/4).

Yang pasti, pelatih asal Serbia itu bersyukur bisa lolos ke babak selanjutnya. Tak hanya lolos, tapi juga menjadi juara grup. Selain itu, yang paling disyukurinya adalah hasil ini sekaligus menjawab segala kritikan yang ditujukan kepadanya. “Hari pertama orang tidak percaya kepada kita. Step by step kami mulai bagus, semangat anak-anak istimewa,” bebernya.

Dalam laga kemarin, PSS tampil menekan selepas kick off. Sedangkan Persebaya yang menurunkan pemain lapis kedua hanya menerapkan tempo lambat. Beberapa kali peluang yang dihasilkan anak-anak Sleman belum mampu berbuah gol hingga paro pertama usai.

Di babak kedua, PSS tak mengendorkan serangan. Hasilnya pun cukup efektif. Babak kedua belum berjalan satu menit, PSS mendapatkan hadiah penalti setelah Arsyad Yusgiantoro dilanggar di kotak terlarang. Irfan Bachdim sukses mengeksekusi penalti dan membuat PSS unggul hingga babak kedua usai.
Di babak perempat final nanti Super Elja akan bersua pemuncak Grup D, Bali United. Dejan meminta anak asuhnya untuk tetap menjaga fokus. Apalagi, Bali United merupakan salah satu tim yang dihuni pemain-pemain bintang. “Saya minta anak-anak lebih semangat lagi. Setelah ini recovery dan lawan siapa pun kami harus all out,” tandas eks Pelatih Madura United itu.

Bek PSS Samsul Arifin senang PSS bisa lolos ke babak 8 besar. Untuk laga ke depan dia berharap timnya tetap kompak agar bisa melaju ke babak selanjutnya. “Pokoknya apa yang diintruksikan coach akan kami lakukan. Semoga laga lawan Bali United kami bisa meraih hasil maksimal,” ucapnya.

Sementara itu, Pelatih Persebaya Aji Santoso menuturkan, pertandingan terakhir Grup C berjalan sangat baik. Eks pelatih PSIM Jogja itu juga senang dengan penampilan pemain-pemain muda yang diturunkan.
“Kami sudah pasti lolos, kami nggak milih-milih lawan di babak delapan besar. Meski tidak tiga poin, penampilan anak-anak menggembirakan buat saya dan mereka tidak nervous,” papar Aji. (ard/laz)

Jogja Sport