RADAR JOGJA- PSS Sleman memastikan diri maju ke perempat final Piala Menpora dengan menyandang gelar juara Grup C pasca menang 1-0 atas Persebaya Surabaya pada laga pamungkas Grup C Piala Menpora 2021.

Laga PSS vs Persebaya itu digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (7/4) malam WIB. Gol semata wayang Super Elang Jawa pada laga ini dicetak oleh Irfan Bachdim lewat titik putih pada menit ke-47.

PSS menempati peringkat pertama dalam klasemen akhir Grup C dengan koleksi tujuh poin dari lima pertandingan. Koleksi poin PSS sama dengan Bajul Ijo di peringkat kedua, tetapi mereka unggul head-to-head.

Dalam pertandingan itu, Persebaya sudah tidak memiliki kepentingan lagi pada laga ini. Mereka sudah dipastikan lolos ke perempat final Piala Menpora 2021.

Namun, tampaknya untuk mengincar kemenangan. Persebaya tidak ingin cari aman. Mereka tetap tampil menyerang sejak awal pertandingan

Peluang pertama pasukan Aji Santoso didapat ketika laga baru berumur enam menit. Marselino Ferdinan melepas tembakan kaki kanan dari area penalti PSS.

Sayangnya, bola sepakan pemain bernomor punggung tujuh itu belum akurat karena hanya menyamping di sisi gawang PSS yang dijaga Ega Rizky.

Sementara itu, PSS yang membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke babak delapan besar Piala Menpora, lebih banyak bertahan pada awal laga.

Super Elang Jawa menungggu di belakang dan sesekali melancarkan serangan balik.

Peluang pertama PSS didapat pada menit ke-13 ketika Irfan Jaya melepaskan sepakan roket kaki kiri dari dalam kotak penalti. Sepakan eks winger Persebaya itu berhasil menggetarkan jala gawang PSS, tetapi sebelah samping. Artinya, gagal berbuah gol.

Serangan balik PSS kembali membahayakan pertahanan Persebaya pada menit ke-20. Kombinasi Irfan Bachdim dan Nicolas Velez diakhiri dengan sepakan keras Velez dari luar kotak penalti.

Sayangnya, upaya Velez tidak membuahkan hasil setelah bola hasil tendangannya melambung jauh di atas gawang Persebaya yang dijaga Ernando Ari.

PSS kembali mengancam gawang PSS pada menit ke-28. Tendangan bebas Irfan Bachdim dari sisi kanan penyerangan disambut tandukan Asyraq Gufron dari kotak 16.

Bola hasil sundulan Asyraq mengarah ke gawang, tetapi terlalu lemah, sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Ernando Ari.

PSS terus menggempur pertahanan Persebaya di sisa waktu babak pertama. Pada menit ke-41, sepakan bebas Wahyu Sukarta diterima oleh Asyraq Gufron yang berdiri di kotak penalti.

Namun, Asyraq tidak siap menerima boa kiriman Wahyu. Dia justru mendorong bola keluar, padahal gawang sudah kosong.

Skor kacatama alias 0-0 menjadi hasil akhir babak pertama laga PS Sleman vs Persebaya Surabaya.

Selepas turun minum, PSS mendapat hadiah penalti ketika babak kedua baru berjalan beberapa detik setelah Arsyad dilanggar di kotak terlarang.

Eksekusi penalti diambil Irfan Bachdim dan membuahkan gol untuk Super Elja. Skor berubah menjadi 1-0 untuk PSS pada menit ke-47. (sky)

Jogja Sport