RADAR JOGJA – Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 akan memasuki babak perempat final pada akhir pekan ini. Pertandingan di fase ini rencananya bakal digelar 9-12 April. Tercatat ada tujuh tim yang sudah dipastikan lolos ke babak delapan besar.
Ketujuh tim itu, di antaranya PSIS Semarang, Barito Putera, Persija Jakarta, PSM Makassar, Persib Bandung, dan Bali United. Sedangkan perebutan satu tiket lolos dari Grup C baru akan diketahui hari ini.
Perihal venue, PT LIB menunjuk Stadion Kanjuruhan, Malang untuk arena pertandingan kesebelasan yang lolos dari Grup A dan B. Sementara satu venue lainnya untuk Grup C dan D belum diputuskan.
Di sisi lain, LIB sudah menyiapkan dua venue, yakni Maguwoharjo International Stadium (MagIS) dan Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Kedua stadion itu berpotensi besar mendampingi Stadion Kanjuruhan. “Untuk venue pendamping Stadion Kanjuruhan masih menunggu hasil wakil grup C yang lolos besok (hari ini, Red),” kata perwakilan LIB Hanif Marjuni Selasa (6/4).
Sebelumnya, MagIS juga ditetapkan sebagai venue babak semifinal dan final bersama Stadion Manahan, Solo. Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Lokal Sleman Tri Mulyanta mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi resmi dari LIB terkait penunjukan stadion untuk babak delapan besar. “Tapi sudah jauh-jauh hari ada informasi soal itu. Intinya kami disuruh siap-siap jika diminta menggelar laga babak delapan besar,” ujarnya.
Pria yang akrab disapa Mbah Mul itu menuturkan, secara keseluruhan pelaksanaan pertandingan di MagIS berjalan dengan baik dan lancar. Tak ada kendala selama penyelenggaraan babak penyisihan Grup D kemarin.
Meski begitu, Panpel tetap akan melakukan evaluasi. Sehingga laga-laga selanjutnya bisa berjalan lebih baik lagi. “Sebenarnya tidak begitu banyak evaluasi. Tapi infrastruktur, khususnya ruang ganti cadangan perlu ditambah pendingin ruangan seperti ruang ganti utama. Lapangan dan rumput perlu pemulihan oleh pengelola stadion, setelah dipakai di penyisihan grup,” terang Mbah Mul. (ard/laz)

Jogja Sport