RADAR JOGJA – PSS Sleman bakal menjalani laga krusial di babak penyisihan Grup C Piala Menpora 2021. Tim besutan Dejan Antonic itu akan menghadapi Persik Kediri di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, sore ini (1/4). Untuk menjaga peluang lolos, skuad Super Elang Jawa -julukan PSS- dituntut tampil habis-habisan.

Dari dua laga yang dilakoni, Bagus Nirwanto cs memang belum meraih hasil maksimal. Keok 1-2 atas Madura United di laga pembuka (23/3). Lalu, ditahan imbang Persela Lamongan tanpa gol, Minggu (28/3) lalu. Atas hasil itu, mereka berada di posisi empat klasemen Grup C dengan satu poin. Sedangkan Persik Kediri menempati posisi buncit dengan raihan nol poin.

Dejan Antonic mengatakan, persiapan berjalan cukup lancar. Waktu recovery yang cukup singkat dilakukan untuk mengevaluasi penampilan anak asuhnya. Yang jelas, Dejan ingin pemainnya tetap menjaga fokus dan tak mengulangi kesalahan seperti laga sebelumnya. “Semua oke. Kami sudah melihat laga terakhir lawan Lamongan. Kami analisa dan perbaiki, dan bikin tim ini lebih kuat,” kata Dejan, Rabu (31/3).

Menyiasati kebugaran pemain, pelatih asal Serbia itu memastikan akan ada rotasi. Terlebih, beberapa pemain tidak dalam kondisi 100 persen fit. Karena itu, Dejan akan menurunkan pemain yang benar-benar siap.

Di sisi lain, tak dipungkiri hasil minor di Piala Menpora cukup memengaruhi kondisi fisik maupun mental pemain. Tekanan dari dalam dan luar pun tak dapat dihindarkan. “Berat sekali untuk pemain karena mereka harus latihan di lapangan dengan waktu yang terbatas. Tidak semua orang di luar lapangan mungkin bisa mengerti soal itu,” ujarnya.

Eks pelatih Madura United itu menuturkan, ajang pramusim ini merupakan bagian dari persiapan menyambut kompetisi Liga 1. Sehingga, pelatih 52 tahun itu akan memberikan kesempatan kepada seluruh pemain untuk tampil di Piala Menpora.

Gelandang PSS Kim Jeffrey Kurniawan optimistis meraih hasil terbaik. Apalagi, sejauh ini persiapan yang dilakukan sudah cukup baik. Pemain juga dinilai mulai bisa beradaptasi meski hasilnya belum memuaskan. “Saya pikir dua laga yang kami lewati cukup berat karena setahun nggak main. Tapi Mudah-mudahan di pertandingan lawan Persik bisa menyuguhkan permainan dan hasil yang bagus,” tekadnya.

Sementara itu, pelatih Persik Kediri Joko Susilo menyebut timnya sangat siap menghadapi laga sore nanti. Terlebih, Persik punya waktu persiapan yang lebih lama ketimbang PSS. Waktu satu minggu kemarin dilakukan untuk menaikkan mental, fisik, dan taktikal. “Alhamdulillah kami melihat di lapangan progres menggembirakan untuk pelatih. Saya yakin siap tapi selalu saya tekankan kepada pemain bahwa di latihan akan berbeda dengan pertandingan,” tandasnya. (ard/bah)

Jogja Sport