RADAR JOGJA – Skuad PSS Sleman kembali dijadwalkan melakoni latihan sore ini (26/3). Sebelumnya Bagus Nirwanto cs diliburkan sehari lantaran harus menjalani vaksinasi tahap pertama di Voli Indoor Si Jalak Harupat, Bandung, Kamis (25/3).

Vaksinasi tersebut merupakan program yang disiapkan Panitia Pelaksana (OC) Piala Menpora 2021 kepada seluruh peserta turnamen.
Dokter tim PSS Elwizan Aminuddin mengatakan, pemberian vaksin tersebut sebagai langkah pencegahan selama gelaran turnamen pra musim. Vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini untuk mempercepat proses kekebalan tubuh yang sangat penting untuk dilakukan.

Soal efek pasca vaksinasi, pria yang akrab disapa dokter Amin ini berujar cukup beragam. Namun tidak membahayakan selama tubuh penerima vaksin dalam kondisi sehat. Tergantung imunitas masing-masing orang.

“Efeknya mungkin beda-beda, tidak ke semua. Tapi umumnya agak sedikit melemahkan otot. Makanya tidak dianjurkan di hari vaksin melakukan aktivitas yang berat termasuk latihan atau pertandingan,” ujar dokter Amin.
Yang pasti, dokter Amin menegaskan saat ini para penggawa maupun ofisial PSS dalam keadaan baik. Bahkan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, tim dokter punya standar operasional sendiri. Salah satunya dengan selalu melakukan test swab tiap dua hari sekali.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berujar vaksinasi adalah program dari PSSI yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pihaknya pun mengapresiasi Kemenkes yang sudah memfasilitasi vaksinasi. “Vaksinasi ini upaya dari PSSI agar seluruh peserta Piala Menpora 2021 terjaga kesehatannya dan terhindar dari virus,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu. Di laga kedua Grup C, Super Elang Jawa -julukan PSS- akan bersua Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (28/3). (ard/bah)

Jogja Sport