RADAR JOGJA – Voli sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Sari Hartati. Ya, sudah hampir enam tahun Sari menekuni profesi sebagai atlet voli profesional. Berbagai prestasi telah diraih dara 21 tahun itu.

Sari menceritakan, dirinya mulai menggeluti olahraga voli pada tahun 2015. Tepatnya saat duduk dibangku SMA. Awalnya tak terlintas di benaknya terjun di dunia voli.

“Saya ikut voli itu diajak sama istrinya pelatih saya yang di Lampung. Karena lihat postur saya tinggi terus diajakin untuk ikut voli tapi cuma voli indoor,” katanya kepada Radar Jogja, Jumat (19/3).

Setelah itu, skill atlet 183 centimeter itu terus ditempa. Dia pun kian fokus berlatih voli indoor. Hingga akhirnya di tahun 2015 Sari justru terpilih mewakili Lampung di ajang Popnas voli pantai di Bandung. Nah, dari ajang itulah banyak daerah yang tertarik merekrutnya, termasuk DIJ.

Seiring berjalannya waktu, Sari semakin tertarik menekuni voli pantai. Meski, beralih ke voli pantai tak membuatnya meninggalkan voli indoor. “Saya menekuni voli pantai tahun 2016, lalu saya memutuskan pindah ke Jogja untuk sekolah dan fokus di voli pantai dan indoor di klub Ganevo,” beber Sari.

Suka duka dirasakan mahasiswi Universitas Widya Mataram, jurusan manajemen itu. Sari menyadari, menjadi seorang atlet pasti ada banyak hal yang harus dikorbankan. Selain waktu dan kerja keras, dia juga harus jauh dari keluarga besarnya di Lampung. “Kami dituntut punya fisik yang bagus, latihan bisa sampai nangis dan mau pingsan sudah pernah saya rasain. Tapi balik lagi semua untuk kebaikan dan pencapain yang ingin saya raih,” ucapnya.

Meski begitu, lanjut Sari, pengorbanan dan kerja keras yang dilakukan terbayar lunas ketika berhasil memenangkan kejuaraan. “Selain bonus kalau ikut pertandingan gitu, saya dapat wawasan dan pengalaman lebih luas,” ujar atlet kelahiran Lampung, 30 Juni 1999 itu.

Sejumlah prestasi di ajang nasional hingga internasional pernah diraihnya, di antaranya medali emas Popnas Jawa Tengah 2017, perak kejurnas voli pantai Bandung 2017, perunggu Sirkuit Nasional voli pantai Padang 2019, emas Pomnas Jakarta 2019.

Kemudian, peringkat 17 di Asian Beach Volley Ball Championship Thailand 2018, peringkat lima Asian Beach Volley Ball Championship U-21 Thailand 2019, Words Championship U-21 Thailand 2019, perak Singapore National Beach Series 1 2019.

“Kejuaraan yang pengin saya ikuti Asian Games dan SEA Games,” harap anak keenam dari tujuh bersaudara itu.

Saat ini perempuan penghobi travelling itu tengah fokus mempersiapkan diri berlaga di ajang PON XX Papua, Oktober 2021. Dia tergabung dalam tim Puslatda voli pantai DIJ. Di multievent empat tahunan itu, Sari punya target tinggi. Yakni, mempersembahkan emas untuk Kota Gudeg. “Persiapan sudah ekstra matang dan fokus karena sudah mendekati PON. Semoga semuanya dipermudah dan target bisa tercapai,” pungkasnya. (ard/bah)

Jogja Sport