RADAR JOGJA – Bima Perkasa Jogja (BPJ) kembali mencatatkan kemenangan di lanjutan Indonesian Basketball League (IBL). Satu-satunya wakil DIJ di IBL itu sukses menundukkan Pacific Caesar Surabaya 69-53 di Robinson Cisarua Resort Jumat (19/3) pagi. Tambahan dua angka ini menempatkan BPJ memuncaki klasemen Grup Merah IBL.

Rookie BPJ menjadi aktor kemenangan di seri 2 kemarin. Samuel Devin dan Avin Kurniawan tampil memukau dengan mencetak banyak angka. Mereka menjawab kepercayaan pelatih kepala BPJ David Singleton yang memberikan kesempatan bermain.

Samuel Devin mencetak 15 poin, lima rebound dan dua assist. Rookie asal Solo itu juga mencatatkan prosentasi tiga angka tertinggi yang mencapai 60 persen. Sedangkan Avin Kurniawan menjadi top skor gim dengan membukukan 19 poin, tiga rebound, dan dua steal. Dia mencatatkan akurasi field goals tertinggi yakni 57 persen dari 14 kali percobaan memasukan bola.

Avin dan Samuel menjadi momok bagi Pacific sejak kuarter pertama. Keduanya membawa BPJ keluar dari tekanan defense tim besutan Aries Herman itu di lima menit kuarter pertama. Kuarter pertama BPJ unggul 20-17.

Di kuarter dua, Pacific mencoba mengejar ketertinggalan. Para pemain muda Pacific seperti Wijaya dan Caesar mampu mengangkat tim sehingga memberi perlawanan ketat dan mengakhiri kuarter dengan selisih satu angka 34-33. Di kuarter tiga, Pacific mulai kehabisan bensin dengan mengendurnya pertahanan dan serangan lemah.

Di kuarter tiga, anak-anak Jogja menambah 22 poin dan memperlebar jarak menjadi 56-45. Di kuarter akhir, Pacific mencoba mengejar sembilan angka, hanya tak membuahkan hasil. Sebab, Singleton mengubah taktik dengan memperlambat tempo dan aliran bola dengan game plan yang membebaskan Avin dan Devin penetrasi ke dalam paint area. Hasilnya, BPJ sukses menambah 13 angka dan mengakhir pertandingan dengan 69-53.

Singleton mengaku sangat puas dengan penampilan anak asuhnya. Terlebih para pemain muda bermain dengan sangat baik di pertandingan kemarin. Pelatih asal Amerika itu pun ragu memuji penampilan dua pemain mudanya. “Pemain muda memberi energi lebih. Mereka ngotot bermain, tapi saya bilang harus istirahat, jadi rotasi jadi satu-satunya pilihan. Karena sejumlah pemain sedikit kelelahan setelah running tiga pertandingan,” kata Singleton.

Sementara Samuel Devin beryukur dapat tampil maksimal dan membantu kemenangan timnya. Menurutnya instruksi pelatih sangat membantunya dalam mencetak angka demi angka saat laga. “Setiap pemain mengerjakan tugasnya dengan baik sesuai rencana pelatih dan akhirnya kami bisa menang. Kemenangan ini kerja tim,” ucapnya. Di laga selanjutnya, BPJ akan menghadapi West Bandits Solo, Minggu (21/3).

Jogja Sport