RADAR JOGJA – Tren positif kembali ditorehkan Bima Perkasa Jogja (BPJ) di Indonesian Basketball League (IBL) 2021. Ya, tim besutan David Singleton itu sukses menundukkan Amartha Hangtuah 69-64 di Robinson Cisarua Resort Kamis (18/3) sore. Ini merupakan kemenangan ketiga yang diraih satu-satunya wakil DIJ di IBL itu.

Dalam pertandingan kemarin, BPJ tampil cukup memukau. Di kuarter pertama, BPJ yang menurunkan Azzaryan Pradhitya, Samuel Devin, Indra Muhammad, Isman Thoyib, dan Rachmad Febri Utomo berhasil unggul cepat 17-11 di paruh kuarter pertama.

Mengejar ketertinggalan, Hangtuah menerapkan full court defense. Namun, hasilnya tetap nihil lantaran pemain BPJ bermain sangat solid, berkali-kali mampu melewati ketatnya pertahanan lawan. Kuarter pertama ditutup dengan keunggulan BPJ 26-19.

Di kuarter dua, Hangtuah mencoba bangkit, hanya masih belum mampu menambah angka. Dari persentase akurasi tembakan justru menurun dari 80 persen ke 46 persen. Sedangkan BPJ sebaliknya, mereka memperbaiki akurasi tembakkan dari 43 persen ke 54 persen. BPJ memperkecil angka dengan melambatkan tempo dan memaksimalkan peran Isman Thoyib di paint area. Sehingga memudahkan shooter mencetak angka.

Hingga kuarter tiga, defense BPJ masih sulit ditembus Hangtuah. Azzaryan Pradhitya cs jauh memimpin dengan keunggulan 38-26. Jebloknya persentase tembakan tiga angka membuat Hangtuah hanya menambah dua angka sampai menit ke-4 kuarter tiga. Beruntung di paruh kuarter tiga Hangtuah bisa memanfaatkan team foul BPJ dan memperkecil skor menjadi 42-37.

Memasuki kuarter empat, Hangtuah sempat menyamakan skor melalui lemparan tiga angka Oki Wira. Namun, BPJ kembali unggul. Dua tembakan tiga angka dari Azzaryan Pradhitya dan Febri Utomo kembali memperlebar skor jadi 51-45. Hangtuah mengubah taktik dari 3-2 yang menempatkan dua pemain di dalam paint area saat menyerang ke 4-1 dengan tiga shooter dan satu playmaker. Mereka berhasil memperkecil skor 67-64. Di akhir kuarter empat BPJ menyudahi laga dengan kemenangan 69-64.

David Singleton mengaku senang dengan kemenangan ini. Pelatih asal Amerika itu puas dengan kinerja anak asuhnya di gim kemarin. “Kami fokus defense di kuarter dua dan coba memperlambat tempo mereka. Saya kira itu kuncinya,” ujar David.

Sementara salah satu pemain BPJ Tifan Eka Pradita bersyukur dapat meraih kemenangan ketiga. Meski begitu, dia ingin timnya bisa lebih fokus dipertandingan selanjutnya. “Alhamdulillah game tadi lawan Amartha Hangtuah kami diberi kemenangan. Pertandingan luar biasa, tapi banyak yang harus dievaluasi dan dibenahi,” kata Tifan.

Di pertandingan kemarin, Rachmad Febri Utomo kembali memimpin perolehan angka dengan 20 poin disusul Azzaryan Pradhitya dengan torehan 18 poin. Tambahan dua angka ini membuat BPJ bertengger di puncak klasemen sementara Grup Merah IBL. Di laga selanjutnya, BPJ akan menghadapi Pacific Caesar Surbaya, hari ini (19/3). (ard/bah)

Jogja Sport