RADAR JOGJA-Pasukan  tempur PSS Sleman menjalani treatment cryotherapy untuk memulihkan kondisi fisik mereka setelah menjalani latihan yang cukup berat dan panjang.

Dokter PSS Elwizan Aminuddin menjelaskan, “Setiap dua hari sekali kita melakukan cryotherapy. Ini adalah treatment berendam dengan air es yang suhunya mencapai 10-5 derajat Celcius. Tujuannya yaitu untuk recovery cepat para pemain,” jelasnya  Kamis (18/3).

Elwizan mengatakan, selama latihan para pemain pasti merasa letih atau capek. Bahkan sering pula terjadi otot yang sedikit sobek yang disebut kerusakan mikro. Tapi hal itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, normal saja. Rendaman air es akan mengatasi hal itu.”Usai terapi, waktu yang dibutuhkan para pemain untuk recovery biasanya hanya satu hari atau 1×24 jam saja. Setelahnya, mereka akan kembali pulih dan lebih baik seperti keadaan semula,” ujarnya.

Elwizan menambahkan, tim medis PSS selalu memantau kondisi para pemain dengan sangat detail.  mayoritas para pemain kini dalam kondisi yang sangat baik. Tapi memang ada beberapa yang harus bekerja lebih ekstra supaya tak tertinggal dengan rekannya yang lain.

“Mungkin di rumah masing-masing mereka lebih ke enjoy training atau enjoy game, tapi begitu di sini harus adaptasi selama seminggu. Walaupun ada beberapa yang mengeluhkan sedikit capek, pegal dan letih, itu sangat normal. Tapi intinya semuanya cukup baik,” tambahnya. (sky)

Jogja Sport