RADAR JOGJA – Para atlet dan pelatih tim Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diajukan sebagai prioritas penerima vaksin Covid-19. Hal itu disampaikan KONI DIJ ke Dinas Kesehatan (Diskes) DIJ di Jogja Expo Center (JEC) Selasa (16/3).

Audiensi dihadiri langsung oleh Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto yang didampingi Wakil Ketua II Rumpis Agus Sudarko dan Sekretaris Umum Agung Nugroho. Sementara Diskes diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Trisno Agung Wibowo.

Rumpis Agus yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Puslatda PON XX menyampaikan, pihaknya mengajukan permohonan vaksinasi sekitar 270 orang. Yang meliputi atlet, pelatih, perangkat, dan tenaga pendukung yang berangkat ke Papua. “Termasuk mekanik, administrasi, kontingen, wartawan, dokter, hingga masseur,” ungkapnya.

Hanya, dalam pengajuan tersebut baru dilampirkan daftar nama dengan keterangan asal dan cabang olahraga (cabor) masing-masing. Sedangkan, terkait keterangan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat KTP serta nomor kontak masing-masing individu akan disusulkan kemudian.

Perihal atlet dan pelatih maupun unsur tenaga pendukung yang sudah mendapatkan vaksin, Rumpis menyebut tidak menjadi masalah. Justru menurutnya hal tersebut cukup positif karena dapat membantu tugas KONI DIJ dalam memprioritaskan kesehatan masing-masing. Sekaligus sebagai bentuk preventif terhadap pandemi Covid-19.

Trisno Agung menyambut baik upaya KONI DIJ dalam permohonan vaksinasi atlet. Perihal permohonan tersebut, selanjutnya akan disampaikan kepada Kepala Diskes DIJ Pembajun Setyaningastutie. “Intinya kami mendukung, tapi mohon dapat melengkapi NIK dan nomor kontak masing-masing, untuk kemudian kami ajukan ke Kemenkes,” pesannya.

Selain itu, Trisno mengimbau KONI DIJ untuk segera mengatur jadwal dan tempat yang akan digunakan dalam proses vaksinasi. Terlebih hal ini harus dilakukan sebelum keberangkatan ke PON XX Papua. Begitu juga dengan koordinasi penyediaan tenaga kesehatan, dan sebagainya untuk kelancaran kegiatan vaksinasi. (ard/pra)

Jogja Sport