RADAR JOGJA – Bima Perkasa Jogja (BPJ) memetik hasil positif di laga perdana Indonesian Basketball League (IBL) 2021. Ya, satu-satunya wakil DIJ di IBL itu sukses menaklukkan tim debutan Bali United 61-53 di Robinson Cisarua Resort Kamis (11/3) siang.

Kemenangan tersebut tak diraih dengan mudah. BPJ harus bersusah payah melewati hadangan Bali United yang turun tanpa Daniel Wenas. Padahal skuad asuhan David Singleton itu dihuni sejumlah nama besar seperti Azzaryan Pradhitya, Indra Muhammad (best defensive player 2020), Tifan Eka Pradita, Galank Gunawan, hingga Isman Thoyib.

David mengatakan, pertandingan perdana selalu tak mudah. Meski begitu, dia bersyukur timnya dapat meraih poin penuh. “Kami berusaha bermain terbuka dan banyak momen yang seharusnya bisa kami manfaatkan. Kami akan bekerja keras lagi untuk laga kedua,” kata David, Kamis.

Dalam laga kemarin, pemain muda Bali tampil cukup solid. Bahkan, di separuh kuarter pertama usai menorehkan skor 9-0. Masuknya Isman Thoyib menit ke-6 membawa angin segar bagi BPJ. Ya, pebasket senior itu terbukti mampu mengangkat mentalitas rekan-rekannya. BPJ menutup kuarter pertama dengan keunggulan 14-8.

Di kuarter dua, David melakukan perubahan komposisi dengan menurunkan dua rookie, Samuel Devin dan David Simeon, juga memberi kesempatan Ali Mustofa. Hasilnya cukup efektif dengan naiknya field goals dari 28 persen ke 31 persen. Pada kuarter tiga laga berjalan sengit. Kedua tim bermain sama kuatnya dengan kedudukan 26-26. Tak mau tertinggal, BPJ menaikkan intensitas permainan. Berkat kerja sama tim, akhirnya anak-anak Jogja berbalik unggul 36-30 lewat tiga angka Azzaryan Pradhitya dan Samuel Devin. Kuarter tiga ditutup dengan keunggulan BPJ 42-36.

Nah, memasuki kuarter empat, Bali United bangkit dan hampir menyusul perolehan angka. Namun, taktik 2-2-1 full court defense yang diterapkan tim asuhan Aleksandar Stefanovski itu tak bertahan lama karena penggawa Bali United mulai kehabisan bensin dan team foul. Situasi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh BPJ dan menyudahi gim dengan keunggulan 61-53.

Kapten BPJ Azzaryan Pradhitya tampil mengesankan dengan mencetak double-double 20 angka dan 12 rebound selama pertandingan. Sedangkan Galank dan Isman Thoyib sama-sama mengoleksi tujuh rebound. “Ini masih permulaan dan kami masih banyak PR yang harus diperbaiki. Utamanya memperbaiki taktik dan performa individual pemain,” beber pebasket yang akrab disapa Adhit itu.

Sementara, pemain Bali United Surliyading juga membukukan double-double, 11 angka dan 13 rebound. Disusul Ponsius Indrawan dengan 12 angka dan lima rebound. Di laga selanjutnya BPJ akan bersua Louvre Dewa United Surabaya, Sabtu (13/3) sore. (ard/bah)

Jogja Sport