RADAR JOGJA- Para pemain dan pelatih dari PSS Sleman sesampainya dibandung Rabu (10/3) segera melakukan berbagai rangkaian pengecekan kesehatan. Di antaranya adalah mengikuti Swab Antigen dan juga medical check up Kamis (11/3).

Dokter tim PSS Elwizan Aminuddin menuturkan,“Mulai hari ini kita melakukan dua pemeriksaan untuk pemain dan official. Yang pertama pemeriksaan swab antigen untuk mendeteksi apakah ada yang terpapar virus Covid-19 ataupun tidak, yang kedua, khusus untuk pemain kita mewajibkan medical check up, yang proses rangkaiannya cukup banyak dan berstandar FIFA, AFC dan PSSI.

Jadi supaya menentukan pemain itu layak atau tidak untuk kita ambil, hasil MCU itu yang akan berbicara,” katanya.

Elwizan menjelaskan, MCU dimulai dari pemeriksaan fisik dari kaki hingga ujung rambut. Kemudian dilanjikan dengan pemeriksaan ortopedi untuk melihat apakah para pemain tersebut punya riwayat cedera sebelumnya atau tidak.

“Selain itu ada juga pemeriksaan elektrokardiogram atau EKG, yang dilanjutkan dengan istirahat. Setelahnya, kita lakukan pemeriksaan treadmill atau fisik jantung saat dia aktivitas. Ada juga pemeriksaan Radiologi kemudian ada juga pemeriksaan audiometri dan spidometri,” jelasnya.

Elwizan menambahkan, “Hasil Swab Test dapat dilihat 15-30 menit setelah diambil sampelnya oleh petugas kesehatan. Sedangkan hasil MCU baru dapat dilihat keesokan harinya atau tepatnya pada Jumat (12/03/21). Selanjutnya, hasil test kesehatan ini akan dilaporkan dan menjadi pertimbangan klub untuk para pemainnya,”tambahnya. (sky)

Jogja Sport