RADAR JOGJA – Sebanyak 12 atlet dari tiga kontingen Kota Jogja, Kabupaten Sleman, dan Bantul, mengikuti kejuaran daerah (Kejurda) angkat berat 2021 Sabtu (27/2), di Star Gym Jomboran, Donokerto, Turi, Sleman.

Kegiatan diselenggarakan oleh Pengurus Daerah (Pengda) Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) DIJ .

Ketua KONI DIJ Djoko Pekik Iriyanto menuturkan, pertandingan terbagi menjadi dua kelas yakni angkat berat Putri kelas 63 dan Kelas 63+. Sedangkan untuk angkat berat Putra terbagi menjadi dua kelas yakni kelas 73 dan 73+.

Angkat berat terdiri dari tiga gerakan utama yakni squat, bench press, dan deadflit.

Kejuaraan ini diharapkan dapat menyaring atlet daerah. “Selain itu juga dapat mengembalikan kejayaan seperti saat PON di Bandung lalu,” ujarnya.

Joko menambahkan, baginya empat tahun bukanlah waktu yang panjang, sehingga momentum ini diharapkan dapat memaksimalkan kemampuan setiap atlet untuk siap menghadapi kompetisi kedepan.

“Setiap kontingen diharapkan dapat melakukan pembinaan dengan baik.  Supaya kejuaraan lebih kompetitif dan regenerasi atlet, untuk itu pemekaran Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia PABBSI menjadi tiga kepegurusan yakni angkat besi, angkat berat dan binaraga diharapkan menambah fokus setiap federasi dalam pengembangan prestasi,”tambahnya.

Sementara itu ketua Umum Pabersi DIJ Reno Candra Sangaji mengatakan akan selalu menjalin komunikasi dengan Pemkab dan Pemkot dalam mengembangkan pembinaan di daerah.

Kejurda digelar untuk pertama kalinya sebagai konsolidasi pengurus. Selain itu juga memperhatikan atlet angkat berat dalam meningkatkan prestasi. Sehingga kedepan dapat membawa nama baik DIJ dikancah nasional.

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh, Pabersi DIJ akan mengirimkan atletnya untuk berlaga di sana.

Melihat antusias dan semangat para atlet, Reno optimistis akan mencapai hasil yang diinginkan.

“Saat ini sudah mulai dijaring dan dipersiapkan bibit-bibit unggulnya. Semoga pada PON Aceh kedepan, Tim dapat memberikan hasil yang maksimal,”ujarnya.

Pada Kejurda Angkat Berat 2021 keluar sebagai juara 1 untuk kelas 74 putra tampil sebagai juara Rismanto dari kontingen Kota Jogja. Sedangkan Angkat Berat Kelas 74+ juara 1 diraih Muh Rofiq dari Bantul.

Sementara untuk Putri kelas 63 juara 1 diraih Suwarsi dari kontingen Sleman. Sedangkan untuk kelas 63+ juara 1 diraih Christina Ismi dari Kota Jogja. (sce/om1/sky)

Jogja Sport