RADAR JOGJA – Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) siap menggelar event melalui akademinya dalam waktu dekat ini. Event ke-4 Bima Perkasa Academy ini akan dihadiri dua pemain senior BPJ yakni Galank Gunawan dan Isman Thoyib. Keduanya bakal berbagi ilmu dan pengalaman kepada para pebasket muda.

Rebound akan jadi materi utama di event Bima Perkasa Academy. Manajer Bima Perkasa Academy Fika Nurazam Wirastuti mengatakan, saat ini pihaknya masih terus mematangkan persiapan event tersebut. Utamanya terkait protokol kesehatan Covid-19. “Misalnya satu bola untuk satu peserta, pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area lapangan. Tujuannya agar peserta merasa aman dan nyaman,” kata Fika, Rabu (17/2).

Perihal pemateri yang dihadirkan, Fika menuturkan Thoyib dan Galank merupakan sosok yang pas untuk mengisi materi rebound. Apalagi keduanya merupakan pebasket yang sudah malang melintang di kompetisi liga basket tanah air. “Untuk materi rebound, pasti mereka punya banyak sekali trik dan teknik yang jarang diketahui. Galank dan Thoyib sangat tepat untuk memberi materi,” ujarnya.

Bisa dibilang, Galank dan Thoyib adalah role model untuk pebasket bertipe bertahan. Baik yang sedang memulai karir sampai profesional. Thoyib dikenal sebagai center yang mampu menjaga area zone defense dengan tegas dan lugas. Thoyib punya banyak trik dan teknik dalam memenangi duel rebound. Salah satunya membaca aliran bola lawan ke ring.

Pun demikian dengan Galank. Di liga profesional sendiri ada mitos, bahwa bola rebound selalu bergerak menuju Galank. Tak heran jika pemain bernomor punggung 66 itu dijuluki Raja Rebound. “Ya, memang ada opini dan mitos seperti itu, tapi rebound sendiri bukan soal kebetulan atau tinggi badan,” ucap Galank.

Hingga saat ini kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) musim 2021 memang belum jelas. Namun, hal itu tak lantas membuat BPJ mengurangi aktivitasnya. Berbagai kegiatan tetap dijalankan satu-satunya wakil DIJ di IBL itu. Salah satunya melalui Bima Perkasa Academy. (ard/pra)

Jogja Sport