RADAR JOGJA – Tahapan pengambilan formulir bakal calon ketua umum (ketum) KONI DIJ masa bakti 2021-2025 resmi dibuka oleh tim penjaringan dan penyaringan calon ketum KONI DIJ. Proses itu berlangsung sejak 15 Februari hingga 27 Februari mendatang.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketum KONI DIJ Nolik Maryono mengatakan, pengambilan formulir dapat dilakukan setiap hari di kantor KONI DIJ pada jam kerja. Mulai pukul 10.00 sampai 15.30.
“Sejauh ini sudah ada beberapa yang tanya persyaratan. Seperti pembatasan suara untuk calon, kami sampaikan ada syaratnya. Yang jelas sepanjang bisa didukung minimal 10 pemilik suara sah, ya tidak masalah,” kata Nolik Selasa (16/2).

Adapun tahapan di atas merupakan kelanjutan dari jadwal kegiatan tim penjaringan dan penyaringan calon ketum KONI DIJ. Sebelumnya pada 5-10 Februari lalu sudah diadakan press conference dan disosialisasikan kepada khalayak luas. Disusul tahapan pengembalian formulir dan pendaftaran yang berlangsung pada 1-13 Maret 2021. Kemudian tahapan verifikasi bakal calon secara administratif dan penetapan calon pada 15-20 Maret nanti.

Selanjutnya tahapan penyampaian hasil penetapan calon ketum KONI DIJ masa bakti 2021-2025 oleh tim penjaringan dan penyaringan pada 22 Maret 2021. Lalu tahapan pembendelan berkas bakal calon untuk disampaikan di Musorda IX KONI DIJ pada 23 Maret mendatang. Tahapan laporan tim penjaringan dan penyaringan Musorda IX KONI DIJ disampaikan pada 27 Maret 2021.

Pria yang juga ketua bidang (kabid) Pembinaan Organisasi KONI DIJ ini menuturkan, total 57 anggota KONI DIJ berpeluang memunculkan lima bakal calon. Masing-masing meliputi 46 pengurus daerah (pengda) cabang olahraga (Cabor), enam badan fungsional, dan lima KONI kabupaten/kota.

Yang pasti, lanjut Nolik, pihaknya berharap akan ada sosok figur calon ketum KONI DIJ yang berkualitas. Artinya bukan hanya dilihat dari banyaknya jumlah personel saja. “Pengambilan formulir ini diperbolehkan untuk diwakilkan, tapi harus dengan menyertakan surat mandat dari bakal calon,” ungkapnya. (ard/laz)

Jogja Sport