RADAR JOGJA – Kelompok suporter PSS Sleman Brigata Curva Sud (BSC) akhirnya resmi mencabut boikot kepada Super Elang Jawa – julukan PSS. Pencabutan boikot tak terlepas dari pertemuan yang digelar manajemen dengan perwakilan BCS di Omah PSS pada Selasa (9/2) malam.

Pertemuan tersebut membahas berbagai hal. Selain menyanggupi delapan tuntutan, juga dibahas progres perbaikan di manajemen PSS hingga gambaran rancangan tim sampai tahun 2023. Termasuk sinkronisasi program PSS dan BCS yang akan coba dikembangkan.

Direktur Utama PSS Marco Gracia Paulo mengatakan, langkah yang dilakukan BCS sangat positif sebagai bentuk kritik terhadap pengelola klub. “Saya cukup percaya kami sudah melihat hasil dan buktinya bahkan sudah dirasakan teman-teman. Berbagai keinginan dari delapan tuntutan dan hasil forum besar itu secara tidak langsung atau langsung sudah terpenuhi dan terjawab,” katanya, Kamis (11/2).

Sementara itu, perwakilan BCS Jaguar Tominangi mengaku senang dan berterima kasih atas pertemuan tersebut. Pihaknya juga mengapreasiasi manajemen PSS karena sudah mendengarkan dan satu per satu mewujudkan delapan tuntutan yang diajukan. “Ini merupakan hadiah di ulang tahun BCS yang ke-10,” kata pria yang akrab disapa Jenggo itu.

Seperti diketahui, gelombang protes sudah digaungkan suporter sejak musim 2019 lalu. Mereka menuntut agar klub kebanggaannya itu dikelola secara profesional. Bahkan, dampak dari tuntutan tersebut BCS melakukan aksi boikot pada semua pertandingan PSS di Stadion Maguwoharjo.

Delapan tuntutan BCS yang disuarakan penghuni tribun Selatan Stadion Maguwoharjo itu di antaranya, soal program pembinaan dan akademi usia muda PSS, mess untuk pemain, lapangan untuk berlatih, membenahi marketing dan bussines development.

Kemudian, memanfaatkan media klub sebagai pusat informasi dan publikasi, menghapus peran dan posisi ganda, penyelenggaraan pertandingan yang profesional, meminta penyelenggara pertandingan mengelola dengan baik, Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dalam perusahaan. (ard/bah)

Jogja Sport