RADAR JOGJA – Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk menghentikan laju persebaran Covid-19. Salah satunya melalui pemberian vaksinasi secara bertahap. Setidaknya ada enam golongan prioritas penerima vaksin seperti tenaga medis, tokoh masyarakat, guru, aparatur, masyarakat rentan, dan pelaku perekonomian.

Hanya, sejauh ini untuk atlet belum termasuk dalam daftar penerima vaksin. Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkori) mendorong pemerintah melalui Kemenpora untuk memberikan jatah vaksin kepada para atlet. Sebelumnya, Menpora menyampaikan telah memberikan daftar usulan prioritas atlet untuk divaksin.

Ketua Apkori Djoko Pekik Irianto mengatakan, pemberian vaksin berdasarkan prioritas bisa dimaklumi karena memang jumlah yang tersedia masih terbatas. Namun dia berharap hal tersebut tetap menjadi pertimbangan pemerintah.
“Prioritas pemberian vaksin bagi atlet untuk menjamin keikutsertaan pada event dunia dan regional dalam waktu dekat, seperti Olimpiade Tokyo dan SEA Games Vietnam,” ujar Djoko Pekik Selasa (9/2).

Selain itu, tahun ini juga ada gelaran PON Papua yang diikuti sekitar 7 ribu atlet dari seluruh Indonesia. Mereka akan bertanding di 37 cabang olahraga. Sehingga pihaknya mendesak pemerintah untuk memberikan vaksin kepada seluruh atlet.

“Supaya proses latihan di pemusatan latihan masing-masing yang dilalukan sejak beberapa waktu lalu hingga bertanding di PON nanti tetap aman dan bebas dari paparan virus,” ujar pria yang juga ketua umum KONI DIJ itu.

Lebih lanjut kata Djoko mengatakan, saat ini jumlah atlet yang membutuhkan vaksin ada sekitar 8 ribu. Selain atlet PON yang berjumlah 7 ribu, ada pula atlet Olimpiade Tokyo yang berjumlah 30-an orang dan SEA Games Vietnam sekitar 800 atlet.

Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menuturkan, untuk mendapatkan prioritas vaksin, Kemenpora harus mengajukan permintaan vaksin kepada menteri kesehatan dan kepala gugus tugas Covid-19. Sedangkan di daerah KONI bersama Dispora dapat mengajukan kepada gubernur. “Yang pasti dengan pemberian vaksin kepada atlet akan memperteguh kesiapan para atlet untuk dapat meraih prestasi terbaik,” tandasnya. (ard/laz).

Jogja Sport