RADAR JOGJA – Bencana alam yang terjadi di Indonesia turut mengundang perhatian banyak pihak. Salah satunya bek PSS Sleman Arthur Daniel Irawan. Untuk membantu meringankan derita para korban terdampak, pemain 27 tahun itu menggagas project yang diberi nama Athletes For Good (AFG).

AFG yang bekerjasama dengan yayasan maju foundation milik selebgram Awkarin dan pembalap mobil, Sean Gelael itu menggalang dana untuk korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

Dana yang terkumpul akan disalurkan melalui lembaga sosial Sekolah Relawan. Bentuk donasinya berupa makanan, minum, tenda tempat tinggal sementara, dan memperbaiki fasilitas umum, serta rumah warga terdampak. “Sebagai atlet dan publik figur kami melakukan gerakan untuk kebaikan. Proyek untuk kebaikan ini akan terus berlanjut, saat ini dana sudah terkumpul Rp 300 juta. Semoga dalam lima hari ini bisa bertambah,” ujar Arthur Selasa (2/2).

Setelah ini, project berikutnya akan kembali dikerjakan. Fokusnya masih sama, yakni menggalang donasi untuk bencana alam. Nah, kali ini project tersebut bakal bekerja sama dengan KUY Entertainment serta beberapa publik figur. Seperti Raffi Ahmad, Gading Marten, Sean Gelael dan dua pesepak bola yakni Shafira Ika Putri dari timnas putri dan Syahrian Abimanyu.

Arthur menjelaskan, gerakan sosial tersebut bakal dikemas dengan konsep unik. Dari setiap 10 juta dana yang terkumpul, dia bersama Sean dan Awkarin akan melakukan satu repetisi gerakan olahraga. Gerakan itu akan disiarkan langsung via Instagram. “Masing-masing orang gerakannya berbeda. Saya sit up, Karin squat jump, dan Sean burpee push up,” beber bek asal Surabaya, Jawa Timur itu.

Arthur mengaku aksi itu terinspirasi dari pemain Manchester United Marcus Rashford yang secara rutin membantu anak-anak di Inggris untuk mendapatkan makan gratis di sekolah. Yang pasti, eks pemain Espanyol B itu berharap aksi sosial yang dikerjakan melalui AFG bisa diikuti oleh atlet-atlet lainnya.

Menurut dia berprestasi tidak hanya dilakukan di dalam lapangan saja, namun juga di luar lapangan. Caranya, dengan membantu mereka yang membutuhkan. “Ayo kita lakukan aksi untuk kebaikan, membantu yang membutuhkan. Tak cuma dari sisi uang tapi juga bisa memberi semangat dan nasihat,” tambah Arthur. (ard/yog)

Jogja Sport