RADAR JOGJA – Suwanto secara resmi terpilih sebagai ketua Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Kodrat DIJ 30 Januari lalu, Suwanto terpilih secara aklamasi.

Usai terpilih, Suwanto berharap semua pihak terkait dapat bersama-sama bersinergi untuk membesarkan dan memajukan olahraga tarung derajat di DIJ. Sekaligus menjalankan roda organisasi sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Ini amanah dan merupakan tugas berat bagi saya. Untuk keberhasilan maupun kesuksesan dalam organisasi yang baru pertama kali saya jabat ini, semua jajaran yang membantu termasuk pengkab/pengkot untuk bekerja sama satu sama lain,” ujar Wanto, kemarin (1/2).

Selain itu, pengusaha kuliner ini juga bercita-cita menjadikan tarung derajat DIJ sebagai andalan Kodrat di kancah yang lebih tinggi. Dalam program jangka pendek, selama sepekan pihaknya akan melakukan konsolidasi internal dengan tim formatur untuk penyusunan serta pembentukan kepengurusan masa bakti 2021-2025.

Di luar itu, di ajang PON XX Papua Kodrat diharapkan bisa membawa pulang emas untuk DIJ. Sehingga Wanto pun mengimbau kepada masing-masing pengkab/pengkot melakukan penjaringan atlet muda. Agar nantinya Kodrat DIJ dapat melahirkan bibit-bibit atlet handal. “Kita harus lebih kompak. Koordinasikan segala sesuatu dan persiapkan PON Papua dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ Djoko Pekik Irianto berpesan kepengurusan baru Kodrat DIJ dapat lebih tertata dan profesional. Utamanya komitmen, kesungguhan, juga atensi dalam membina atlet dan memajukan olahraga tarung derajat. “Punya skema program kerja yang bagus untuk profesionalitas, lalu ada camp dan sarpras representatif, ada kompetisi dan penerapan iptek untuk upaya pembinaan prestasi,” ucap Djoko.

Di luar itu, Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menilai sejauh ini prestasi tarung derajat DIJ sudah sangat bagus. Meski demikian, dia berpesan prestasi atlet bisa lebih ditingkatkan. “Di PON XX Papua mendatang KONI DIJ berharap satu atlet dan satu pelatih yang lolos dan telah memenuhi kriteria dapat turut menyumbangkan medali bagi DIJ,” pungkasnya. (ard/yog)

Jogja Sport