RADAR JOGJA – Ketidakjelasan kompetisi tak lantas menyurutkan aktivitas Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ). Satu-satunya wakil DIJ di IBL itu tetap berkegiatan. Salah satunya melalui Bima Perkasa Academy.

Untuk menambah kualitas dunia basket Kota Gudeg, Bima Perkasa Academy bakal menggelar webminar bertajuk Better Defense System pada Sabtu (6/2) mendatang. Peserta webminar diperuntukkan untuk para pelatih, pemain, dan pecinta basket tanah air. Sebelumnya, beberapa event juga sudah digelar klub kebanggaan Kanca Bima itu. Sebut saja Better Shooter dan Go The Extra Mile yang dimonitoring oleh pelatih BPJ David Singleton.

Manajer Bima Perkasa Academy Fika Nurazam Wirastuti mengatakan webminar via zoom yang didukung oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DIJ itu akan membahas banyak hal. Di antaranya terkait sistem pertahanan dan analisis data yang dibutuhkan setiap calon pelatih, pelatih, sampai pemain.

Demikian pula, di acara¬†webminar nanti¬†David bakal memberikan tiga materi yang sangat penting. Pertama, identifikasi sekaligus analisis tim seperti karakter yang terbentuk dari pemain dalam roster maupun pilihan taktikal. Kemudian, prinsip-prinsip sekaligus teraktual pertahanan dalam olahraga basket, dan ragam taktik dalam pola pertahanan zone defense. “Coach David sendiri mengatakan taktik bola basket terutama pertahanan itu seperti teknologi yang terus berkembang. Sehingga di event ini diharapkan menghasilkan pemahaman lebih dalam bagi para peserta,” ujar Fika, Senin (1/2).

David menyampaikan, seorang pelatih harus bisa beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Juga harus mampu mengidentifikasi kekuatan tim dari pemain. Termasuk mengeksekusi taktikal setelah melakukan analisis. “Kami akan mempelajari itu semua dalam webminar besok,” kata pelatih asal Amerika itu.
Pendaftaran event Better Defense System akan dibuka hingga 5 Februari nanti. Pendaftaran dibagi menjadi dua kategori, yakni paket bima sebesar Rp 249 ribu mendapatkan t-shirt, sertifikat, dan free shipping cost throughout Indonesia dan paket perkasa Rp 179 ribu. (ard/yog)
Jogja Sport