RADAR JOGJA – Penundaan kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) tak lantas membuat Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) mengurangi aktivitasnya. Berbagai kegiatan tetap dijalankan satu-satunya wakil DIJ di IBL itu. Salah satunya dengan menggelar event bertajuk Go The Extra Mile Bima Perkasa Academy, Minggu (24/1).

Acara tersebut dihadiri oleh pelatih BPJ David Singleton dan dua pemain yakni Reza Arfah serta rookie Samuel Devin Susanto. Event yang berlangsung di Town Hoops Jogja itu diikuti delapan pebasket muda dari berbagai kota. Teknik olah bola dan shooting menjadi materi utama di latihan privat tersebut.

Selain itu, peserta juga diberikan tips gerakan pemain kelas dunia seperti cross over ala legenda NBA Allen Iverson. “Saya senang berbagi dengan para pebasket muda. Event ini sangat bagus untuk pemain-pemain muda yang ingin terus belajar. Perkembangan delapan pebasket di event ini akan terus dipantau Bima Perkasa Academy,” kata David (25/1).

Manajer Bima Perkasa Academy Fika Nurazam Wirastuti menjelaskan, alasan digelar event pelatihan privat, untuk menjaga performa pebasket muda tidak menurun. Sebab, selama pandemi Covid-19 kualitas latihan pemain dinilai sedikit berkurang.

Fika menambahkan materi yang diberikan di latihan privat memang mengacu pada pemain kelas dunia. Sebab, pemain dunia dikenal punya footwork bagus. Hal dasar itu pula yang menjadi titik awal kesuksesan sejumlah pebasket top seperti Klay, Iverson, Steph Curry dan lain-lain.

“Banyak skill baru misalnya peserta dilatih belajar bagaimana merasakan gravitasi saat shooting dan lain-lain. Mereka juga sangat senang dan antusias dengan materinya,” ujarnya.

Yang pasti, dari pelatihan ini diharapkan para pebasket muda bisa menerapkan hasil latihan di rumah masing-masing. Sebab, di event tersebut pemateri tak hanya memberikan contoh, tapi juga memaparkan fungsi dan alasan dari gerakan tersebut. Karena pandemi, peserta pelatihan juga diwajibkan menjalani prosedur kesehatan terlebih dulu. “Jadi peserta yang ikut itu sudah dinyatakan aman dan negatif dari Covid-19” beber Fika. (ard/bah)

Jogja Sport