RADAR JOGJA – Bencana alam yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia turut mengundang simpati berbagai pihak. Termasuk kelompok suporter PSS Sleman yakni Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania. Ya, mereka tergerak hatinya untuk membantu meringankan derita para korban terdampak.

Melalui akun media sosial, BCS mengumumkan penggalangan dana yang dikoordinasikan anggotanya di sejumlah wilayah. Awalnya donasi hanya dibuka selama tiga hari, 20-22 Januari 2021. Namun, diperpanjang hingga akhir Januari ini. “Penggalangan bantuan ini merespons situasi daerah dan nasional. Seperti yang telah diutarakan pada akun media sosial BCS,” kata Media Guide BCS Aand Andrean, kemarin (24/1).

Aand menjelaskan, jenis bantuan yang diterima hanya berupa dana yang ditransfer melalui koordinator masing-masing wilayah. Sebab, jika bantuan berbentuk logistik hingga pakaian, di khawatirkan cukup berisiko karena masih pandemi.

Yang pasti dengan adanya donasi ini, Aand sangat berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan sedikit beban kesedihan para korban. Terlebih, musibah ini terjadi di tengah kasus Covid-19 yang jumlahnya terus meningkat. “Untuk sementara cuma ini yang bisa kami lakukan. Situasi serba berat dan sulit kita harus berangkulan melewatinya. Semoga bisa membantu saudara-saudara di wilayah terdampak,” ujarnya.

Sementara Slemania membuka penggalangan donasi sejak 21 Januari dan akan berakhir pada 31 Januari mendatang. Melalui hashtag #SlemaniaPeduli, penghuni tribun utara Stadion Maguwoharjo itu mengajak Sleman Fans untuk berdonasi membantu korban bencana di Sumedang, Semeru, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat.

Selain suporter, salah satu gelandang PSS Luthfi Kamal juga melakukan penggalangan dana melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Nantinya, hasil dari pengumpulan donasi tersebut dimaksimalkan untuk membantu korban gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat.

Seperti diketahui, awal tahun ini sederet bencana alam melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Selain gempa bumi di Majene, Banjir juga melanda wilayah Kalimantan Selatan serta longsor yang terjadi di Sumedang, Jawa Barat. (ard/yog)

Jogja Sport