RADAR JOGJA – Pelaksanaan Musyawarah Olahraga Daerah (Musorda) IX Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) dipastikan digelar secara langsungĀ  pada 27 Maret 2021 mendatang. Kepastian itu didapat setelah KONI DIJ mendapat lampu hijau dari tim gugus tugas penanganan Covid-19 DIJ.

Ketua tim panitia pelaksana (panpel) Musorda IX KONI DIJ Agung Nugroho mengatakan ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam Musorsa. Di antaranya jumlah panitia dan peserta yang terlibat akan dibatasi, yakni maksimal sebanyak 50 persen dari kapasitas tempat duduk dalam area ruangan/gedung. “Nantinya perwakilan peserta dua orang, dan kami asumsikan sekitar 195 orang yang hadir. Tentu kami sudah ada beberapa pandangan tempat pelaksanaan kegiatan di hotel yang ruangannya mencukupi karena juga akan mengundang Bapak Gubernur DIJ,” katanya.

Selain itu, pelaksanaan Musorda juga bakal diberlakukan dengan prokes sesuai arahan gugus tugas Covid-19. Seperti dilaksanakan dengan waktu seefektif dan seefisien mungkin, peserta diwajibkan menggunakan masker, hands sanitizer, penyemprotan desinfektan.

Musorda akan dihadiri seluruh anggota KONI DIJ. Yang meliputi pengda cabor, badan fungsional, dan KONI Kabupaten/Kota. Kemudian kepala daerah DIJ, tim protokoler, FORKOPIMDA DIJ, KONI Pusat, kepengurusan KONI DIJ masa bakti 2017-2021, Sekretariat KONI DIJ, awak media, hingga tamu undangan.

Sementara itu, Wakil Ketua tim Panpel Musorda KONI DIJ Nolik Maryono berharap segala persiapan administrasi kegiatan dapat selesai pada akhir Januari 2021. Seperti tata tertib, jadwal pelaksanaan kegiatan, hingga laporan pertanggungjawaban masing-masing bidang. Nah, rencananya pada awal Februari 2021 akan dibuka pendaftaran bakal calon (balon) Ketua Umum KONI DIJ masa bakti 2021-2025.

“Besok (Hari ini, Red) rencana kami juga mengundang dan memberikan pengarahan pengda cabor yang ingin mendaftar untuk menjadi anggota KONI DIJ,” jelas Nolik. “Seperti pecahan dari PABBSI, yakni angkat besi, angkat berat dan binaraga, juga kickboxing dan e-sport,” imbuhnya. (ard/yog)

Jogja Sport