RADAR JOGJA – Menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) menyiapkan program pendampingan kepada para atlet yang tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) DIJ. Salah satunya melalui program konsultasi yang baru saja dibuka pekan lalu.

Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto menjelaskan, tujuan adanya program konsultasi ini untuk membantu para atlet mengatasi problem yang terjadi saat latihan. Sehingga seandainya terjadi masalah di lapangan bisa segera terselesaikan. “Kalau biasanya kan kami punya klinik konsultasi di KONI, mereka harus datang langsung kepada kami butuh waktu sehingga jika ada masalah yang urgent tidak segera teratasi,” kata Djoko, Minggu (17/1).

Beberapa bidang konsultasi yang disediakan. Di antaranya bidang gizi dan suplemen bisa dikonsultasikan ke Djoko Pekik. Bidang kesehatan obat-obatan dan doping (dr Wara Kushartanti), bidang psikologi/kesehatan mental (Sentot Haryanto), dan bidang training (Ria Lumintuarso).

Lalu, kapan atlet bisa melakukan konsultasi? “Sepanjang hari kami buka full 24 jam. Kenapa 24 jam karena kalau ada hal yang mendesak sekali misal ada insiden. Jadi nggak perlu menunggu sampai besok-besok,” jelas Djoko.

Nah, untuk mekanisme konsultasi diberlakukan secara berbeda. Apabila masalah yang dihadapi hanya persoalan umum, para atlet diimbau untuk konsultasi langsung ke pelatih. Lantas, kemudian para pelatih menyampaikan masalah tersebut ke grup WhatsApp Puslatda KONI DIJ.

Tujuannya jika terdapat kasus serupa di cabor lain, sehingga para pelatih sudah bisa menggunakan hasil konsultasi tersebut. “Tapi kalau sifatnya agak privasi, atlet boleh saja langsung ke konsultan yang bersangkutan. Karena WA grup yang kami buat khusus untuk pelatih,” papar Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu.

Yang pasti, melalui program konsultasi ini, Djoko sangat berharap atlet bisa maksimal dalam berlatih dan tidak ragu. Pun demikian jika ada hal-hal yang menjadi kendala bisa segera teratasi. (ard/din)

Jogja Sport