RADAR JOGJA – Akademi PSS Sleman sudah memulai aktivitasnya di awal tahun ini. Sejak Kamis (14/1) lalu, mereka melakoni latihan perdana di Maguwoharjo International Stadium (MagIS). Karena masih pandemi, latihan tersebut dilakukan dengan prokes ketat dan diikuti sebanyak 23 pemain.

Direktur Operasional PSS Hempri Suyatna mengatakan dimulainya kegiatan akademi PSS ini merupakan komitmen manajemen dalam pengembangan bibit-bibit sepakbola usia dini. Harapannya ke depan terjadi sinergisitas pembinaan dengan tim senior klub berjuluk Super Elang Jawa itu. “Semoga di akademi ini anak-anak Sleman dapat tumbuh dan berkembang menjadi pesepakbola handal di masa depan,” katanya, Jumat (15/1).

Pun demikian melalui pembinaan ini filosofi sepakbola Elang Jawa bisa dibangun sejak dini. Sekaligus diharapkan PSS dapat terus mengorbitkan bintang-bintang baru yang punya kualitas mumpuni.

Kepala Development Center PSS Guntur Cahyo Utomo mengaku sangat lega lantaran latihan bisa terealisasi di tengah pandemi saat ini. Menurut Guntur, hal tersebut merupakan salah satu bukti keseriusan PSS dalam memberikan pelayanan kepada calon-calon pemain di DIJ dan Indonesia. “Dari latihan perdana ini kami dapat memberikan pengenalan latihan baru, pengenalan dasar bagaimana bermain sepakbola. Juga sebagai masa transisi bagi sebagian besar pemain yang baru dari SSB,” paparnya.

Nah, setelah latihan perdana ini para siswa akan melakoni latihan mandiri dengan materi yang diberikan secara online. Mereka akan kembali berlatih di lapangan pada 26 Januari 2021 mendatang. “Mari sama-sama kita membangun sepakbola, bermain lebih baik, dan membangun masa depan sepakbola yang lebih konkrit,” tandas eks asisten pelatih timnas U-19 itu.

Sementara itu, salah satu siswa akademi PSS Akmal yang berposisi bek sayap menuturkan latihan perdana yang dilakoni bersama rekan-rekannya berjalan sangat menyenangkan. Banyak hal baru yang dia dapatkan. Seperti one touch dan balik badan melihat ke belakang. “Fasilitasnya cukup lengkap dan latihan juga lebih tertata,” ucapnya. (ard/bah)

Jogja Sport