RADAR JOGJA – Hari ini (15/1) PT LIB mengadakan pertemuan dengan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2. Agenda pertemuan untuk mendengarkan aspirasi klub terkait kelanjutan kompetisi musim 2020. Pertemuan yang dilakukan dalam dua sesi itu akan digelar secara virtual lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Hasil pertemuan klub akan dijadikan bahan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco). Selain itu, pertemuan tersebut tentu sudah ditunggu-tunggu klub yang meminta kejelasan kompetisi musim 2020. Sebab, sudah terlalu lama klub dibiarkan terkatung-katung dengan ketidakpastian.

Dirut PSS Sleman Marco Gracia Paulo menyambut positif pertemuan ini. Meski dianggap terlambat, eks CEO Badak Lampung itu menyebut pertemuan nanti setidaknya melegakan bagi klub. “Saya rasa selama ini yang sedikit hilang adalah komunikasi PSSI dan LIB dengan klub-klub. Sehingga kalau pun belum ada keputusan, minimal ada komunikasi yang baik,” ujarnya kemarin (14/1).

Kendati demikian, Marco meminta PSSI lebih realistis. Sebab, yang dirasakan klub saat ini bukan soal kekecewaan saja, tapi juga bisnis. “Kan PSSI sebenarnya punya kewajiban untuk memberikan ekosistem bisnis yang sehat untuk klub. Jadi kami berharap kepercayaan kami kepada PSSI juga dibayar dengan memastikan ekosistem bisnis juga sehat,” katanya.

Yang pasti, eks Deputi Sekjen PSSI itu sangat berharap PSSI dan LIB segera memberikan keputusan agar nasib klub tidak menggantung. Namun, apabila kompetisi harus batal, Marco tak mempermasalahkan. Dia ingin federasi fokus menyiapkan kompetisi 2021.

“Liga musim 2020 anggap selesai, karena baik dari sisi kesehatan pemain, performa pemain, dan sisi bisnis serta keuangan itu yang baik untuk saat ini. Tapi lagi-lagi saya percaya PSSI sudah punya pertimbangan lain,” tandas Marco.

Harapan yang sama juga datang dari Pelatih PSS Dejan Antonic. Pelatih asal Serbia itu ingin PSSI tak bertele-tele, apalagi sampai memaksakan kompetisi diputar. Dejan berharap Liga musim 2020 dibatalkan, sehingga federasi bisa fokus untuk kompetisi baru. (ard/laz)

Jogja Sport