RADAR JOGJA – PSS Sleman bakal meresmikan program akademi di bawah naungan Development Center PSS pada 14 Januari mendatang. Launching akademi akan dilakukan bersamaan dengan latihan perdana tim di Lapangan Sonoraya, Sleman. Sebelumnya, pendaftaran pemain akademi U-15, U-16, dan U-17 Development Center PSS ini telah dibuka Desember tahun lalu.

Sebagai informasi, saat ini terdapat dua kelompok di Development Center PSS. Keduanya yakni program Akademi dan Elite Pro Academy (EPA).

Kepala Development Center PSS Guntur Cahyo Utomo menjelaskan sejumlah agenda yang dilakukan di awal tahun ini. Selain launching akademi, ada pula latihan perdana tim EPA PSS kelompok usia 16 dan 18 tahun yang sudah berlangsung pada 7 Januari lalu.

“Anak-anak juga sudah menjalani tes fisik. Dengan latihan, kami ingin melihat kemampuan dasar mereka seperti apa lalu akan kami pakai untuk pembuatan program bulan-bulan berikutnya,” katanya.

Kemudian, pada 23 Januari nanti Super Elang Jawa Muda dijadwalkan melakoni uji tanding melawan Ricky Nelson Academy. “Kami kedatangan tamu dari Malang mereka membawa pemain U-16 dan U-18 yang rencananya akan dipertemukan dengan para pemain elite kami,” ujar eks asisten pelatih timnas U-19 itu.

Yang pasti, Guntur mengaku senang dengan adanya uji coba tersebut. Menurutnya uji coba sangat penting untuk mengukur hasil latihan anak asuhnya. “Sebagai ukuran pertama apakah kami cukup punya dasar untuk bisa bergerak lebih baik ke depan lagi,” tandasnya. (ard/bah)

Jogja Sport