RADAR JOGJA – Sudah dua bulan tim pemusatan latihan daerah (puslatda) atletik Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) digeber latihan. Seperti diketahui, puslatda sendiri sempat dihentikan sementara akibat pandemi Covid-19, hingga akhirnya kembali dilanjutkan pada November tahun lalu.

Waktu menuju PON XX Papua 2021 tinggal sembilan bulan lagi. Intensitas latihan pun terus ditingkatkan. Salah satu atlet Puslatda jalan cepat DIJ, Indah Lupita Sari mengungkapkan persiapan tim berjalan cukup bagus. Pun demikian progres latihan menunjukkan peningkatan. “Mulai Januari ini mungkin adaptasi sama programnya saja,” kata atlet 25 tahun itu, kemarin (6/1).
Dalam sepekan, latihan digelar sebanyak empat kali. Pagi dan sore di Lapangan Kenari dan track lari Stadion Mandala Krida.

Selain itu, porsi latihan juga ditambah, seperti berlatih di tempat gym hingga jalan raya. “Kadang di jalan raya karena program panjang kan, seminggu dua kali 18 km. Soalnya saya nanti tandingnya tetap di jalan raya,” beber atlet kelahiran 6 November 1995 itu.

Kendati demikian, Indah mengaku masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Utamanya dalam hal teknik. “Saya gampang kena peringatan diskualifikasi setiap petandingan. Jadi misal kayak tiga kali peringatan, nah dalam satu pertandingan pasti ada dua kali peringatan,” paparnya. “Jadi dalam latihan tergantung kegigihan saya, kalau pelatih semangat, saya nggak kan sama aja,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih puslatda atletik DIJ Ivan Budiaji berujar anak asuhnya dalam kondisi baik. Saat ini tim atletik masih melanjutkan program latihan tahun lalu. Di luar itu, atletik juga berencana menggelar uji coba atau try out pada Maret mendatang. Uji coba tersebut dilakukan guna mengukur hasil latihan tim.

Karena pandemi, latihan diberlakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Di samping itu, para atlet juga dibekali kartu tanda anggota (KTA). Tujuannya untuk memudahkan penggunaan venue. Di PON XX Papua 2021 atletik mengirimkan tiga atlet terbaik. Mereka adalah Rahma Anisa yang turun di nomor lari, Indah Lupita Sari dan Bayu Prasetyo (jalan cepat). (ard/bah)

Jogja Sport