RADAR JOGJA – Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) semakin mantap menghadapi kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) musim 2021. Dengan berbagai persiapan yang dilakukan manajemen BPJ yakin mencapai target yang dicanangkan. Yakni minimal mencapai semifinal IBL musim 2021.

Presiden BPJ Edy Wibowo sebelumnya mengatakan, tahun ini manajemen tak ingin main-main mempersiapkan tim. Sejumlah pembenahan dilakukan di antaranya dengan mendatangkan pelatih baru, juga beberapa pemain berpengalaman.

Di kompetisi musim depan nanti, tim kebanggaan Kanca Bima itu tergabung di grup merah bersama Pelita Jaya Bakrie, Louvre Surabaya, Pacific Caesar Surabaya, Satya Wacana Salatiga, dan Bali United Basketball. Sedangkan grup putih dihuni oleh NSH Mountain Gold Timika, Satria Muda Pertamina, Prawira Bandung, Amartha Hangtuah, West Bandits Solo, dan Indonesia Patriots.

Edy menilai semua lawan punya kekuatan merata. Juga peluang yang sama. “Kami siap melawan siapa saja di IBL nanti. Untuk pengundian atau regulasi lainnya juga tak mengganggu persiapan tim,” katanya kemarin.

Yang pasti, Edy berharap dengan serangkaian persiapan yang dilakukan selama dua bulan, timnya diharapkan tampil maksimal di kompetisi yang bakal berlangsung pada 15 Januari mendatang itu. “Mudah-mudahan mencapai target yakni setidaknya lolos empat besar,” ucapnya.

Dalam drawing atau pengundian IBL beberapa waktu lalu, Senior Competition Manager IBL Rufiana mengatakan antusiasme musim 2021 semakin meningkat. Hal itu tak terlepas dari adanya penambahan klub baru sehingga peserta musim depan kembali menjadi 12 tim. “Kompetisi kembali ke sistem divisi setelah sebelumnya di musim 2020 dikarenakan adanya perubahan jumlah klub dan menjadi sistem satu klasemen,” ujarnya.

Nah, untuk kembali meningkatkan rivalitas, sekaligus karena dilaksanakan dimasa pandemi, IBL dibuat dengan format yang lebih ideal dari sisi waktu penyelenggaraan. Adapun penentuan posisi divisi per klub diambil dari persentase kemenangan mereka musim lalu. Yang kemudian diurutkan secara merata kedua divisi dengan sistem ular. (ard/pra)

Jogja Sport