RADAR JOGJA – Pandemi Covid-19 memberikan dampak di berbagai sektor. Salah satunya sektor ekonomi. Turunnya perekonomian berimbas pada para pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Karena kondisi itu, PSS Sleman turut menggandeng UMKM lokal guna membantu perekonomian masyarakat ditengah pandemi. Salah satunya melalui program bertajuk Kancane PSS. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 28-30 Desember 2020.

Direktur Keuangan PSS Andy Wardhana menjelaskan Kancane PSS adalah kegiatan yang dibuat untuk mengisi serta mengenalkan kantor baru PSS kepada para pelaku UMKM di Sleman dan sekitarnya. Dalam program tersebut para calon tenant dipersilakan untuk survei lokasi dan mengenalkan produk mereka melalui proses audisi. “Teman-teman Kancane PSS silakan audisi dengan menjelaskan produknya, kenapa produknya menarik, kebutuhannya apa dari Omah PSS. Misal butuh lahan sekian dan lainnya. Nanti akan kita saring dari audisi itu,” ujarnya.

Selain program Kancane PSS, Super Elang Jawa -julukan PSS- juga akan mengadakan Open House di kantor baru bernama Omah PSS yang diresmikan pada 12 Desember lalu itu. Andy menambahkan, Open House dan audisi Kancane PSS dapat diikuti oleh pelaku usaha di bidang Food and Beverage (F&B) maupun non-F&B.

Targetnya yakni partisipan berasal dari masyarakat umum maupun Sleman Fans yang memiliki UMKM. “Dari survei UMKM yang pernah dilakukan PSS di Instagram, kami lihat banyak UMKM di sekitar PSS yang punya potensi yang bisa kami garap dan majukan bersama. Tapi misal di tahap 1 ini belum bisa ditampung, maka akan dipertimbangkan di project Omah PSS tahap 2,” kata Andy.

Adanya project Kancane PSS dan Omah PSS ini diharapkan dapat membuat perekonomian di Sleman menggeliat. Mulai dari suporter dan masyarakat sekitar. “Sehingga saat mereka ingin mampir, di sini kita bisa kumpul dengan susana yang lebih nyaman,” pungkas Andy. (ard/yog)

Jogja Sport