RADAR JOGJA – Penggawa muda PSS Sleman Irkham Zahrul Mila mendapatkan panggilan pemusatan latihan alias Training Center (TC) Timnas Indonesia U-22. Mila bersama 35 pemain lain mengikuti TC di Jakarta, 20-31 Desember 2020. TC dilakukan untuk persiapan menuju SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Mila merasa bersyukur bisa kembali lagi berlatih bersama teman-temannya di skuad Garuda. Pemain 22 tahun itu sangat excited ditangani pelatih kepala Shin Tae-yong. Apalagi pelatih asal Korea Selatan itu terkenal dengan kedisiplinannya. “Jujur saya senang sekali, meski ya coach STY keras tapi saya sangat ingin dilatih beliau. Tahun ini memang saya nantikan untuk bertemu coach STY, kalau tahun lalu kan dilatih coach Indra (Sjafri),” ujarnya.

Winger lincah asal Tegal, Jawa Tengah, itu berharap bisa lolos dan menjadi bagian dari skuad Tim Garuda di ajang dua tahunan itu. Dia berjanji akan memberikan yang terbaik di pemusatan latihan kali ini. “Intinya dalam kesempatan TC ini attitude harus benar-benar saya jaga. Kerja keras lagi pas latihan dan saat diberi materi latihan pelatih,” tekadnya.

Jika berhasil lolos, di SEA Games nanti akan menjadi ajang kedua bagi eks pemain Persis Solo itu. Pada SEA Games 2019 di Filipina, Mila berhasil masuk skuad inti dan mencatatkan sekali penampilan. Namun sayang, di ajang itu Garuda Muda hanya mampu membawa pulang medali perak usai ditaklukkan Vietnam dengan skor 0-3 di partai puncak. “Kalau rezeki saya bisa masuk skuad Timnas, tentu targetnya bisa juara satu. Apalagi Indonesia sudah lama nggak dapat medali emas,” tandasnya.

Manajer PSS Danilo Fernando mengaku bangga pemainnya dipanggil timnas untuk kembali menjalani sesi pemusatan latihan. Ia turut mendoakan yang terbaik dan berharap Mila dapat lolos seleksi. “Kami sangat senang karena Mila di percaya ikut TC. Perjalanan masih panjang, mudah-mudahan Liga bisa berjalan supaya Mila dapat jam terbang bermain lebih banyak,” katanya.

Sementara itu, striker muda PSS Saddam Emiruddin bakal bertolak ke Spanyol akhir bulan ini. Saddam akan melakoni TC bersama timnas U-19. Serangkaian TC dilakukan sebagai persiapan menghadapi dua agenda sekaligus. Yaitu, AFC U-19 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 di Indonesia 2021. (ard/laz)

Jogja Sport