RADAR JOGJA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) terus melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) cabor Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) PON XX DIJ. Nah, kali ini Monev dilakukan kepada tim Puslatda binaraga DIJ.

Dalam kunjungannya itu, Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto mengimbau para atlet untuk membenahi dan meningkatkan kondisi fisik. Hal itu tak terlepas dari hasil tes fisik yang menunjukkan sebagian besar atlet Puslatda PON XX DIJ mengalami penurunan. “Dengan harapan pada Januari 2021 mendatang kondisi fisik atlet normal dan mulai kembali menjalani pelatihan normal,” ujarnya, Senin (7/12).

Selain itu, KONI DIJ juga berharap semua cabor dapat mengikuti try out atau uji coba. Sebab, menurut Djoko uji coba tersebut sangat penting untuk mengukur hasil latihan yang dilakukan. Terlebih waktu menuju PON tinggal menyisakan 10 bulan lagi. “Menurut saya paling tidak 3-4 kali mereka harus mengikuti kompetisi untuk mengukur keberhasilan. Hanya nanti kami juga melihat apakah kondisi Covid-19 sudah normal banget atau belum,” paparnya.

Apabila waktu tak memungkinkan, Djoko berujar kompetisi virtual bisa menjadi alternatif untuk digelar. “Karena binaraga ini relatif lebih simpel untuk bisa dilakukan kompetisi virtual, berbeda dengan angkat besi dan berat,” katanya. “Tentu kami berharap dari dua atlet binaraga bisa mencapai target yang diharapkan, mudah-mudahan bisa maksimal,” imbuh Djoko.

Sementara itu, pelatih tim binaraga DIJ Seno Ari Wibowo menuturkan program latihan masih berfokus di latihan fisik yang setidaknya dilakukan enam kali dalam sepekan. “Hari Minggu biasanya untuk kardio latihan yang lebih ringan. Karena dua atlet kami yakni Bambang Sujatmoko dan Nur Ikhsan masing-masing nanti bertanding di kelas 65 kg dan 85 kg plus putra,” bebernya.

Dengan pelatihan itu, Seno berharap kedua atlet dapat membentuk otot, juga menyesuaikan berat badan sesuai dengan kelas yang akan diikuti. Saat ini perkembangan latihan sudah mencapai sekitar 70 persen. “Semoga bisa terwujud hingga 100 persen terutama tiga bulan sebelum pertandingan,” ucapnya. Sebagai persiapan, tim binaraga berencana melakukan uji coba pada 2021 mendatang. (ard/laz)

Jogja Sport